EFEKTIVITAS SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMP KRISTEN DORKAS
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.324Keywords:
Supervisi Pendidikan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Kristen Dorkas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru dan kepala sekolah, serta wawancara mendalam untuk mendukung analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pendidikan yang terencana dan berkelanjutan memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, dukungan kepala sekolah, dan pelatihan intensif juga berkontribusi terhadap keberhasilan supervisi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program supervisi berbasis kebutuhan guru untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam peningkatan kinerja.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.