EFEKTIVITAS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Kompetensi guru, Profesional guru, hasil belajar peserta didik.Abstract
ABSTRAK
Efektivitas kompetensi professional guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik, terutama pada pendidikan dasar dan menengah. Namun yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana upaya optimalisasi kompetensi professional guru dapat hingga mampu menghasilkan mutu hasil pembelajaran yang efektif dan produktif. Berdasarkan analisis kualitatif, optimalisasi kompetensi professional guru dapat dilakukan melalui dua arah termasuk pengendalian berbagai hambatannya, yakni : (1) upaya mandiri guru sebagai bentuk konsekuensi kinerja sebagai pendidik melalui berlatih dan belajar mandiri untuk pengembangan kapasitas personal; dan (2) upaya manajerial kepala sekolah sebagai bentuk konsekuensi tugas manajerial sekolah dalam proses pembinaan, pembimbingan, supervisi klinis, monitoring dan evaluasi serta penilaian kinerja guru melalui stratgi sistem manajerial yang optimal. Sehingga dapat menghasilkan mutu proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar yang dapat lihat dari aspek mutu proses dan mutu hasil belajar.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Danin, Sudarwan, Prof, Dr, (2009), Visi Baru Managemen Sekolah (Dari Unit Birokrasi Kelembaga Akademik), Bandung : Bumi Aksara
Davis, Keith & Newstorm, .John W. (1995). Perilaku dalam organisasi, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Djam’an Satori dan A. Komariah, (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfa Beta.
Engkoswara dan Aan Komariah, (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hersey, Paul & Blanchard, Kenneth H. (1982). Management of organizational behavior : Utilizing human resources, 4ed. New Jersey : Prentice Hall, Inc.,Engelwood Cliffs
James A.F. Stoner. (1996). Management. Englewood Chips, New Yersey. Prentice Hall Inc.
Kuswara. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Grafindo Persada
Maleong, Lexy J (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Margono, S, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marno dan M. Idris. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz. Media.
Mulyasa, E, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung : Rosdakarya.
Mulyasa, E., (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rustiyah. (1989). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara.
Sagala, Syaeful, (2003), Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung : Alfabeta
Sahertian, Piet A, 2010, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka pengembangan sumerdaya manusia, jakarta, rineka Cipta
Satori, Djam’an dan Nanang Fatah, (2001). Modul Manajemen Berbasis Sekola. Bandung : Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.
Stonner, E. & Freeman, D.G. (1994). Management, Jakarta : Prenhallindo.
Sudjana, D.(1993). Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah, Bandung : Nusantara Press.
Sudjana, N., (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono (2003). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Alpabeta Bandung.
Supriadi. 1998. Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya. Nusa.
Syukur. (2011). Beragam Cara Terapi Gangguan Emosi Sehari-Hari. Yogyakarta: Diva Press.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Depdiknas.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta. Depdiknas.
Uno, H. B., (2009). Profesi Keguruan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman Uzer. Sumartini, (2010). Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.