PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN 2 BANCANG KABUPATEN REMBANG

Authors

  • Siti Ari Mursalina Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 2 Bancang, Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan supervisor, guru, dan kepala sekolah serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran supervisor sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran, terutama melalui bimbingan, pemberian umpan balik konstruktif, serta monitoring secara rutin. Namun, tantangan yang dihadapi oleh supervisor adalah
keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, serta kurangnya komitmen dari beberapa guru untuk mengikuti rekomendasi yang diberikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pelatihan bagi supervisor, alokasi waktu yang lebih fleksibel untuk supervisi, serta peningkatan partisipasi guru dalam kegiatan pengembangan profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, A. N., & Yusuf, M. (2022). Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 17(2), 99-112.

Andini, R., & Haryanto, M. (2020). Peran Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 312–321.

Arikunto, S. (2020). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek (10th ed.). Rineka Cipta.

Burns, M. (2021). Leadership for school improvement. International Journal of Educational Leadership, 19(4), 567-582.

Dahar, R. W. (2022). Teori-teori belajar (2nd ed.). Erlangga.

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2020). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute. Retrieved from

Fitriani, L. (2021). Pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 55-67.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2021). Supervision of instruction: A developmental approach. Educational Leadership, 77(5), 12-18.

Goldhaber, D., Krieg, J. M., & Theobald, R. (2020). Exploring the Impact of Teacher Preparation Programs on Student Outcomes. Journal of Teacher Education, 71(4), 441–455.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2020). What’s worth fighting for in education? Journal of Educational Change, 21(1), 25-38.

Knight, J. (2021). The Impact of Instructional Coaching on Teacher Practice and Student Achievement. Instructional Science, 49(3), 379–400.

Kurniawati, S., & Widiastuti, Y. (2021). Supervisi Pendidikan sebagai Alat Evaluasi Kinerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 150–163.

Leithwood, K., & Sun, J. (2022). Successful school leadership: Building and sustaining an effective school. Journal of Educational Administration, 60(6), 734-748.

Mulyasa, E. (2020). Manajemen berbasis sekolah (3rd ed.). Rosda Karya.

Prabowo, H. (2024). Tantangan dan solusi supervisi pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan dan Pembelajaran, 20(1), 45-60.

Prasetyo, D., & Santosa, H. (2023). Pendekatan Supervisi Pendidikan Berbasis Digital dalam Era Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 112–126.

Santoso, B., & Widodo, S. (2023). Implementasi supervisi dalam pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 110-121.

Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2022). Supervision: A redefinition. Journal of Educational Leadership, 35(2), 98-111.

Setiawan, B., & Nugroho, H. (2021). Model Supervisi Kolaboratif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 14(1), 35–44.

Taylor, R. S., & Galey, S. (2023). Coaching Practices for School Leaders: Insights into Effective Teacher Support. International Journal of Educational Leadership, 28(5), 512–529. https://doi.org/10.1080/13603124.2023.2208129

Theobald, R., & Goldhaber, D. (2020). The Role of Mentorship in Teacher Development: A Quantitative Analysis. Educational Researcher, 49(2), 89–98.

Wibowo, T., & Rahman, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 157–169. ht

Wulandari, D. S. (2020). Pengaruh supervisi instruksional terhadap efektivitas pengajaran di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(2), 145-156

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Mursalina, S. A., & Soedjono, S. (2025). PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN 2 BANCANG KABUPATEN REMBANG . Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 603–610. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.327