PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM (GC) PADA MASA PANDEMI COVID19
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v8i2.88Keywords:
online, google classroom, Learning OutcomesAbstract
This study aims to improve history learning activities through the application of Google Classroom (GC)-Based Online Learning for students during the Covid-19 Pandemic. This research was conducted with 25 students of class XII MIA1. By using the Kemmis and Mc. Taggart. The results of the observation showed that student activity increased from an average of 43.56 percent before the action to 68.9 percent in the first cycle, and became 81.9 percent at the end of the second cycle. student learning outcomes increased from an average of 67.2 before the action, to 72.6 in the first cycle and to 81.2 in the second cycle. Thus, it can be concluded that: the application of online learning based on google classroom in history learning can improve the activities and learning outcomes of XII MIA1 students at SMAN 7 Bulukumba in 2020/2021 (during the covid-19 pandemic).
Downloads
References
Amin Suyitno. 2001. Penelitian Tindakan Kelas (Petunjuk Praktis). Semarang Unes.
Arif Sardiman, Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2012, Media Pembelajaran, Pengertian, Pengetahuan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2012. Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta : UNY Press.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Kumar, V., & Nanda, P. 2018. Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Prawoto. 1996. Media dan Sumber Belajar, FPMIPA IKIP Yogyakarta, Yogyakarta
Purwanto. 2002. Pendidikan Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Dirjen Dikti.
Radikal, Eko. 2012. Urutan Kualitas Pendidikan Indonesia Dimata Dunia Dari Tahun Ketahun. Online (http://ekoradikal.html/13/11/2016
Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Pemelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roycnhansyah, M. Sani, 2020. Welcoming The New Normal: Transformation of Urban Life, Diskusi yang digelar oleh Keluarga Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota UGM (Kencanawitagama).
Sabran & Sabara, E. 2018. Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran.
Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. (Online) Tersedia :https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256 (Diakses : 16 Juni 2020)
Sardiman, A.M, 2003, Interaksi Dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta. PT. Rajawali Pres Grafindo Persada
Sari, IN. 2019. Pengaruh Penggunaan Googleclassroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. (Online) Tersedia : https://dspace.uii.ac.id/handle/1234
/13733 (Diakses : 16 Juni 2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.