EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BOLA BERGELINDING (BOLDING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MURID SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reski Amalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.454

Keywords:

Media bola bergelinding (Bolding), menulis cerpen.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menulis cerita pendek yang di laksanakan di kelas V SD Negeri Borong Kota Makassar selama ini belum menggunakan media apapun sehingga keterampilan menulis cerita pendek di kelas tersebut masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media bola bergelinding (Bolding) terhadap keterampilan menulis cerpen murid kelas V SD Negeri Borong Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri Borong Kota Makassar berjumlah 18 orang pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes awal (pretest), treatmen (pemberian perlakuan) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data meliputi analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen dengan media bola bergelinding (Bolding) pada murid kelas V SD Negeri Borong Kota Makassar bahwa diperoleh nilai t hitung > t tabel = 3,335 > 2,100 atau nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 maka diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media bola bergelinding (Bolding) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen murid kelas V SD Negeri Borong Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnidar Anin, Bahri Aliem, Hasmalia. (2023). Efektivitas Metode Belajar Deliberate Practice Terhadap Keterampilan Membaca Cerita Murid Kelas V SD Negeri 78 Bakke Kab.Soppeng. JKP: Jurnal Pendidikan Etik Vol 1 No 3.

Aswin Sunadi (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Intruction Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Murid Kelas Vii Smp Negeri 08 Kota Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI) Vol 2 No 2.

Bahri Aliem, Rezki Aulia Syukri, Ummu Khaltsum. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Murid Sekolah Dasar. Judikdas Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol 1 No 1.

Dwi Nur Amati (2023). Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbasis Video Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid. Journal of Education Action Research Volume 7, Number 2.

Etik, Nuryanti (2024). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Peningkatan Hasil Belajar Matematika Murid Kelas VI SDN Sidomulyo 03 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) Vol. 1, No. 4.

Icha Rauzatul Jannah, Cut Yenni, Taufikur Rahmi, Alimnur Alimnur. (2023). An Error Analysis of Students’ Translation in Narrative Text. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature. JETLEE Vol 2 No 1: 1-10. file:///C:/Users/Manar.Com/Downloads/31-9-PB.pdf

Muhamad Akip, Rika Astuti, Muhamad Faizul Amirudin. (2022). Pengaruh Media Rolling Ball Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri O Mangunharjo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2).

Sartika, D., Abd. Munir, K., Ummu, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Bolding Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Murid Kelas V SD Inpres Kampung Parang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Journal Innovation in Education (INOVED), 1 (4).

Yolanda (2021). Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Keterampilan Membuat Giftbox dari Kardus Bekas. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 9 Nomor 1.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Amalia, R., Bahri, A. ., & Asnidar, A. . (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BOLA BERGELINDING (BOLDING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MURID SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 674–681. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.454