PENGARUH MEDIA KARTU KEJUJURAN DAN TANTANGAN (TRUTH OR DARE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 9 ARUNGKEKE

Authors

  • Nurqiyah Syahrani Putri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.403

Keywords:

Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Kartu (Truth Or Dare)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau eksperimen (pre- eksprimental design) dengan desain one-grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka Berpengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto, yang dapat dilihat dari perbandingan tes hasil pretest dan posttest hal ini terbukti dari peningkatan skor rata-rata siswa dari 64 pada pre-test menjadi 77 pada post-test serta peningkatan jumlah siswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi. Selain itu, hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa media ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan

Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat.

EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75.

https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Aji, N. D., & Setyaputri, N. Y. (2021). Permainan Truth or Dare (Tod): Sebuah

Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karier

Siswa SMK. Semdikjar, 909-915.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah

Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Asnidar, A., & Junaid, J. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam

Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan,

Bahasa, Dan Sastra,8(1),13- 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1439

Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi

Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Social,

Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2),

https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58343

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca

Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233.

https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Debora Pengambu, F., Studi Psikologi, P., & Marie Stella Tuerah, R. (2023).

Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (TOD) Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kakaskasen II Tellma

Monna Tiwa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan

Dasar, 6(2), 205-212.

Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman

Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of

Elementary School Students]. Diligentia: Journal of Theology and

Christian Education, 5(1), 54. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.”

Jurnal

Didaktika, 9(1), 2.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media

Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa

Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Dasar, 2, 190-204.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD

dan MI. AR-RRYAI I: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 81.

https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Lestari, N. D. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Upayanya

Dalam Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. EDUKASI - Jurnal

Pendidikan, 20(2), 162-176.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suati Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Vol.6 No.1.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa

Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1-34.

Munawarah., Amsal, A., & Nurbayani. (2017). Keefektifan Media Truth and Dare

Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi

Senyawa Karbon. Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 33-39.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1-23.

Noya, K. E., Maria, A., Rafael, D., Rato, M. A., Sada, M. A., & Timo, A. R. D.

(2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dengan Pembuatan Media

Belajar di SD Inpres Fatufeto 2. PEMIMPIN: Pengabdian

MasyarakatIlmu Pendidikan, 2(2), 38-41.

Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). Model Pembelajaran RADEC

dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar

Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250-258.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian

Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol. 4 No.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Angewandte Chemie International

Edition, 6(11), 951-952., 175-184.

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234

Sitohang, C. R., Thesalonika, E., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Media Kartu Truth

or Dare Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri

Pematang Siantar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4530-

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1717

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. ondatia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode

Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V

SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991-998.

Timu, D., Nahak, K. E. N., Soinbala, H. V., Tasuib, M., Lesik, N. M., & Koy, R.

(2024). Analisis Penerapan Media Truth or Dare untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn Kelas II Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2),

-533. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.542

Utami, H. Y. (2021). Buku Panduan Permainan Truth or Dare Tentang Kepercayaan

Diri Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

August, 55.

Widodo, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Truth or Dare untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan

Pembelajaran, 4(1), 78-89.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Syahrani Putri, N. ., Asnidar, A. ., & Haslinda, H. (2025). PENGARUH MEDIA KARTU KEJUJURAN DAN TANTANGAN (TRUTH OR DARE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 9 ARUNGKEKE . Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 658–667. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.403