PENGARUH MEDIA KARTU KEJUJURAN DAN TANTANGAN (TRUTH OR DARE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 9 ARUNGKEKE
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.403Keywords:
Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Kartu (Truth Or Dare)Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau eksperimen (pre- eksprimental design) dengan desain one-grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka Berpengaruh Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto, yang dapat dilihat dari perbandingan tes hasil pretest dan posttest hal ini terbukti dari peningkatan skor rata-rata siswa dari 64 pada pre-test menjadi 77 pada post-test serta peningkatan jumlah siswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi. Selain itu, hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa media ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil Media Kartu Kejujuran Dan Tantangan (Truth Or Dare) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 9 Arungkeke Kabupaten Jeneponto
Downloads
References
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan
Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat.
EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75.
https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Aji, N. D., & Setyaputri, N. Y. (2021). Permainan Truth or Dare (Tod): Sebuah
Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karier
Siswa SMK. Semdikjar, 909-915.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah
Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.
https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.
Asnidar, A., & Junaid, J. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam
Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan,
Bahasa, Dan Sastra,8(1),13- 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1439
Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi
Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Social,
Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2),
https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58343
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233.
https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Debora Pengambu, F., Studi Psikologi, P., & Marie Stella Tuerah, R. (2023).
Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (TOD) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kakaskasen II Tellma
Monna Tiwa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan
Dasar, 6(2), 205-212.
Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman
Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of
Elementary School Students]. Diligentia: Journal of Theology and
Christian Education, 5(1), 54. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.”
Jurnal
Didaktika, 9(1), 2.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media
Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Dasar, 2, 190-204.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD
dan MI. AR-RRYAI I: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 81.
https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Lestari, N. D. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Upayanya
Dalam Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. EDUKASI - Jurnal
Pendidikan, 20(2), 162-176.
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suati Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Vol.6 No.1.
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa
Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1-34.
Munawarah., Amsal, A., & Nurbayani. (2017). Keefektifan Media Truth and Dare
Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Senyawa Karbon. Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 33-39.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1-23.
Noya, K. E., Maria, A., Rafael, D., Rato, M. A., Sada, M. A., & Timo, A. R. D.
(2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dengan Pembuatan Media
Belajar di SD Inpres Fatufeto 2. PEMIMPIN: Pengabdian
MasyarakatIlmu Pendidikan, 2(2), 38-41.
Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). Model Pembelajaran RADEC
dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar
Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250-258.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol. 4 No.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Angewandte Chemie International
Edition, 6(11), 951-952., 175-184.
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234
Sitohang, C. R., Thesalonika, E., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Media Kartu Truth
or Dare Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri
Pematang Siantar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4530-
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1717
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. ondatia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode
Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V
SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991-998.
Timu, D., Nahak, K. E. N., Soinbala, H. V., Tasuib, M., Lesik, N. M., & Koy, R.
(2024). Analisis Penerapan Media Truth or Dare untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn Kelas II Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2),
-533. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.542
Utami, H. Y. (2021). Buku Panduan Permainan Truth or Dare Tentang Kepercayaan
Diri Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
August, 55.
Widodo, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Truth or Dare untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan
Pembelajaran, 4(1), 78-89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.