PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI MAROKO DAN SUDAN

Authors

  • Fitria Ningsih Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah (IAIQ) Indralaya
  • Komarudin Sassi Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.275

Keywords:

Studi perbandingan, sistem pendidikan, maroko, sudan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sistem pendidikan di Maroko dan Sudan, yairtu dua negara Afrika Utara dengan latar belakang sejarah dan budaya yang cenderung homogen. Melalui metode deskriptif komparatif, penelitian ini menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk dokumen resmi, jurnal nasional dan international, serta buku-buku yang mendukung. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan dan persamaan dalam struktur kurikulum, metode pengajaran, akses pendidikan, dan kualitas pendidikan di kedua negara. Maroko, lebih dipengaruhi oleh kolonialisme Perancis, memiliki sistem pendidikan yang lebih terstruktur dan standar. Sedangkan Sudan yang memiliki sejarah konflik yang panjang menghadapi tantangan lebih besar terkait akses dan kualitas pendidikan. Kesimpulan penelitian ini adalah meskipun terdapat perbedaan antara kedua negara tersebut dalam menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan namun tetap berjalan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsalah, L., & Tazi, N. (2023). Gifted education in Morocco: An exploration via learning resources. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2228966

Bounoua, L., Lachkham, M. A., Ed-Dahmany, N., Lagmiri, S., Bahi, H., Messouli, M., … Thome, K. J. (2024). Urban Sustainability Development in Morocco, a Review. Urban Science, 8(2). https://doi.org/10.3390/urbansci8020028

Guoddar, H., & Ennam, A. (2024). Dekolonisasi Kurikulum Universitas Maroko Melalui Penggabungan Studi Afrika Utara: Dari Eurosentrisme ke Afrosentrisme Utara. Jurnal Internasional Reformasi Pendidikan , 0 (0). https://doi.org/10.1177/10567879241268204. (n.d.).

Hadi, A. (2021). perkembangan islam di afrika.

Hawi, A. (2017). Pengembangan Islam di Afrika Utara dan Peradabannya. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 12(1), 61–68. https://doi.org/10.19109/medinate.v12i1.1146

Holilulloh, A. (2024). Menengok Pendidikan Negara Maroko Dengan Universitas Tertua Di Dunia. Retrieved September 11, 2024, from https://uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/219/menengok-pendidikan-negara-maroko-dengan-universitas-tertua-di-dunia

Irfam, A. M. (2023). Bahasa Arab dan Perkembangannya di Sudan. JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 3(1), 34.

Irfan Syahroni, M. (2023). Pendidikan Islam Di Sudan. EJurnal Al Musthafa, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.62552/ejam.v3i1.55

Junaidi, K., & Artikel, R. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan di Afrika Utara (Mesri dan Sudan) INFO ARTIKEL ABSTRAK. Instructional Development Journal (IDJ), 5(1), 12–23. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Marzuenda. (2021). Sejarah Perkembangan Peradaban Islam (Islam di Afrika Utara dan Afrika Selatan). Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1).

Murjani. (2022). PENDIDIKAN ISLAM DI SUDAN. Adiba: Journal of Education, 33(1), 1–12.

Nur, A. (2011). SEJARAH ISLAM DI MAROKO Azhar Nur Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar. Adabiyah, 11, 127–136. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/2804-Article Text-6185-1-10-20170704.pdf

Nurlatifah, Lubis, N. W., & Saragih, R. A. S. (2023). Sistem Pendidikan Negara-Negara di Asia (India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko). RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, (4), 119–125.

Rahman, M. A. (2015). Resistensi Politik :Nasionalis, Pergerakan Vis, Maroko Kolonial, À Vis.

Septiliana, L., & Anam, S. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Perspektif Muhammad ‘Abid Al-Jabiri. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1). https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2824

Yamta Siyamta. (2020). Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara (Saudi Arabia, Germany, Finlandia, Amerika, Australia, Sudan).

Yulianti, D., Dermawan, W., & Yudistira, M. A. (2024). Analisis Kegagalan Consociational Approach dalam Perjanjian Naivasha Sudan. Padjadjaran Journal of International Relations, 6(1), 18. https://doi.org/10.24198/padjir.v6i1.40789

Yunita, Y., Bakar, A., & Karim, N. (2022). Kebijakan Pembiayaan Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Sudan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.426

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Ningsih, F. ., & Sassi, K. . (2024). PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI MAROKO DAN SUDAN. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 492–499. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.275