PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI MAROKO DAN SUDAN
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.275Keywords:
Studi perbandingan, sistem pendidikan, maroko, sudanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sistem pendidikan di Maroko dan Sudan, yairtu dua negara Afrika Utara dengan latar belakang sejarah dan budaya yang cenderung homogen. Melalui metode deskriptif komparatif, penelitian ini menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk dokumen resmi, jurnal nasional dan international, serta buku-buku yang mendukung. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan dan persamaan dalam struktur kurikulum, metode pengajaran, akses pendidikan, dan kualitas pendidikan di kedua negara. Maroko, lebih dipengaruhi oleh kolonialisme Perancis, memiliki sistem pendidikan yang lebih terstruktur dan standar. Sedangkan Sudan yang memiliki sejarah konflik yang panjang menghadapi tantangan lebih besar terkait akses dan kualitas pendidikan. Kesimpulan penelitian ini adalah meskipun terdapat perbedaan antara kedua negara tersebut dalam menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan namun tetap berjalan optimal.
Downloads
References
Alsalah, L., & Tazi, N. (2023). Gifted education in Morocco: An exploration via learning resources. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2228966
Bounoua, L., Lachkham, M. A., Ed-Dahmany, N., Lagmiri, S., Bahi, H., Messouli, M., … Thome, K. J. (2024). Urban Sustainability Development in Morocco, a Review. Urban Science, 8(2). https://doi.org/10.3390/urbansci8020028
Guoddar, H., & Ennam, A. (2024). Dekolonisasi Kurikulum Universitas Maroko Melalui Penggabungan Studi Afrika Utara: Dari Eurosentrisme ke Afrosentrisme Utara. Jurnal Internasional Reformasi Pendidikan , 0 (0). https://doi.org/10.1177/10567879241268204. (n.d.).
Hadi, A. (2021). perkembangan islam di afrika.
Hawi, A. (2017). Pengembangan Islam di Afrika Utara dan Peradabannya. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 12(1), 61–68. https://doi.org/10.19109/medinate.v12i1.1146
Holilulloh, A. (2024). Menengok Pendidikan Negara Maroko Dengan Universitas Tertua Di Dunia. Retrieved September 11, 2024, from https://uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/219/menengok-pendidikan-negara-maroko-dengan-universitas-tertua-di-dunia
Irfam, A. M. (2023). Bahasa Arab dan Perkembangannya di Sudan. JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 3(1), 34.
Irfan Syahroni, M. (2023). Pendidikan Islam Di Sudan. EJurnal Al Musthafa, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.62552/ejam.v3i1.55
Junaidi, K., & Artikel, R. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan di Afrika Utara (Mesri dan Sudan) INFO ARTIKEL ABSTRAK. Instructional Development Journal (IDJ), 5(1), 12–23. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Marzuenda. (2021). Sejarah Perkembangan Peradaban Islam (Islam di Afrika Utara dan Afrika Selatan). Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1).
Murjani. (2022). PENDIDIKAN ISLAM DI SUDAN. Adiba: Journal of Education, 33(1), 1–12.
Nur, A. (2011). SEJARAH ISLAM DI MAROKO Azhar Nur Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar. Adabiyah, 11, 127–136. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/2804-Article Text-6185-1-10-20170704.pdf
Nurlatifah, Lubis, N. W., & Saragih, R. A. S. (2023). Sistem Pendidikan Negara-Negara di Asia (India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko). RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, (4), 119–125.
Rahman, M. A. (2015). Resistensi Politik :Nasionalis, Pergerakan Vis, Maroko Kolonial, À Vis.
Septiliana, L., & Anam, S. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Perspektif Muhammad ‘Abid Al-Jabiri. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1). https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2824
Yamta Siyamta. (2020). Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara (Saudi Arabia, Germany, Finlandia, Amerika, Australia, Sudan).
Yulianti, D., Dermawan, W., & Yudistira, M. A. (2024). Analisis Kegagalan Consociational Approach dalam Perjanjian Naivasha Sudan. Padjadjaran Journal of International Relations, 6(1), 18. https://doi.org/10.24198/padjir.v6i1.40789
Yunita, Y., Bakar, A., & Karim, N. (2022). Kebijakan Pembiayaan Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Sudan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.426
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.