ANALISIS FITUR KSSR DAN KSSM DALAM MENDUKUNG KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.270Keywords:
kssr, kssm, karakter teologis, integrasi kurikulum, malaysiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fitur Kurikulum Standar Sekolah Rendah (KSSR) dan Kurikulum Standar Sekolah Menengah (KSSM) dalam mendukung pembentukan karakter teologis di Malaysia. Melalui analisis-deksriptif terhadap dokumen kurikulum, jurnal ilmiah nasional dan international serta berbagai buku-buku yang terkait. Penelitian ini berusaha mengungkap sejauh mana elemen-elemen teologis terintegrasi dalam kedua kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSSR dan KSSM telah mengintegrasikan nilai-nilai teologis melalui tema-tema pembelajaran yang relevan dengan ajaran agama. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti kurangnya pedoman yang jelas bagi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai teologis ke dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas integrasi nilai-nilai teologis dalam kurikulum, seperti pelatihan guru yang lebih intensif, pengembangan sumber daya pembelajaran yang relevan, serta melibatkan tokoh agama dalam proses pengembangan kurikulum.
Downloads
References
Affan, M., Wati, E., & Jowati. (2022). High Order Thinking Skills Through Constructivism Approaches in Language Art Teaching. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(7), 1–25.
Afida, N., Rayunda Putri, D., Syahada, P., Junianti, R., & Kurnia Sofiani, I. (2024). Studi Perbandingan Pendidikan : Sistem Pendidkan Di Indonesia Dan Malaysia. Catha : Journal of Creative and Innovative Research, 1(3), 3046–8760.
Aning, A., & Baharum, A. (2020). E-Learning Design in Malaysian Higher Educational Institutions: Principles and Guidelines. Journal of Hunan University Natural Sciences, 47(10).
Ayu. (2023). Penerapan Tecnologocal Pedagogical Content Implementation of Technologocal Pedagogical Content Knowledge ( Tpack ) in the Malaysia-. 3(3), 36–40.
Bahagian Pembangunan Kurikulum. (2021). Panduan Pelaksanaan Pentaksiran Bilik Darjah Edisi Ke-2 2019. Kementerian Pendidikan Malaysia.
Daga, A. T. (2020). Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Indonesia. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(1). https://doi.org/10.53395/jes.v4i1.82
Fadzly, M., & Izab, M. (2011). Peranan guru jana transformasi pendidikan. Utusan Online.
Ilhavenil Narinasamy, Logeswari Arumugam, Siew Siew Kim, & Sudiman Musa. (2020). Teachers’ Perceptions on the Implementation of KSSR (Revised 2017) and KSSM: An Online Survey. Jurnal Kurikulum Bahagian Pembangunan Kurikulum, 3(1).
Komarudin Sassi. (2021). Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Syed Muhammad Naquib Al-Attas: Revitalisasi Adab-Ta’dib dalam Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.
Maryani, Nathalia, T., & Muhtarom, T. (2024). Analis Studi Perbandingan Kurikulum di Indonesia di Indonesia dan Kawasan Asia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 286–290.
Muhamad Zaidi, M. S., & Haji Othman, M. K. (2023). THE CHALLENGE OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS OF THE STANDARD SECONDARY SCHOOL CURRICULUM (KSSM). International Journal of Education, Psychology and Counseling, 8(50). https://doi.org/10.35631/ijepc.850036
Muhammad Yusri, & Siti Halimah. (2022). MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI LIMA PULUH. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.185
Muzirah Musa, Nur Hidayati Zulkipli, Pin, N. A., Rosli, R., Bahagian Pembangunan Kurikulum, K., Khory, H. H. M., … Jamaludin, K. (2023). Penggubalan Kurikulum Bersepadu Sekolah Menengah (KBSM) di Malaysia: maslahah dalam rujukan mazhab. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(1), e001513. https://doi.org/10.30603/al.v6i1.1049
Nik Yusoff, N. R., & Rosli, R. (2022). Analisis Perbandingan Kurikulum Matematik Tajuk Ruang Sekolah Rendah di Malaysia dan Finland. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(7). https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i7.1632
Norfadillah Zalina, M. Z., & Najihah, A. W. (2017). Cabaran dalam Pengajaran Matematik Kurikulum Standard Sekolah Menengah (KSSM). Proceeding of International of Empowering Islamic Civilization, 2025.
Nurzarina Amran, R. R. (2021). KEFAHAMAN GURU TENTANG KEMAHIRAN ABAD KE-21. Northern Ireland Since 1969, 21.
Pin, N. A., & Rosli, R. (2022). Perbandingan Topik Integer Antara KSSM dan Kurikulum Cambridge: Analisis Contoh dan Latihan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(5). https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i5.1513
Pristi, Eka & Syaadah, Himatus & Muliadi, Muliadi & Rohmah, Nanda & Putri, Adelia & Arista, Alfina & Sari, Dwi & Komara, Osfir & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Retrieved from Buletin KKN Pendidikan. 5. 117-124. 10.23917/bkkndik.v5i2.23049.
Ratnasari, D. (2019). STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM GEOGRAFI SMA DI INDONESIA DAN DI MALAYSIA. Ekonomi Islami, (variabel X), 46–47. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/25104/%5BCetak Perpusnas%5D Ekonomi Islami Solusi Tantangan Zaman.pdf?sequence=1&isAllowed=y#page=71
Sassi, K., & Azzahra, H. (n.d.). A COMPARATIVE STUDY OF THE COMPLEXITY OF SACRED VALUES OF THE WORLD ’ S RELIGIONS : A MULTIDISCIPLINARY PERSPECTIVE. 10(2), 175–200.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3).
Syed Munir Ahmad, & Muhammad Saeed. (2024). Global Agendas and Education Reforms. https://doi.org/10.1007/978-981-97-3068-1
Tengku Kasim, T. S. A., Abdurajak, F. S., Md Yusoff, Y., & Baharuddin, M. (2017). Pendekatan Konstruktivisme di Malaysia dan Brunei Darussalam: Satu Tinjauan Awal Terhdap Pengalaman Guru Pendidikan Islam. Journal of Islamic Educational Research (JIER), 2(1).
Wahab Syakhrani, A., Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, S., Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, F., Fathul Janah Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, I., & Fauziyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, I. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara Malaysia. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(2), 320–327.
الشعراني, إ. ف., & الوزير, غ. ج. (2018). Panduan Pelaksanaan Pentaksiran Bilik Darjah. In Kementerian Pendidikan Malaysia (Vol. 1999).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.