URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Neneng Siti Maryam Universitas Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v9i1.92

Keywords:

character education, student, digital age, character values

Abstract

Penerapan pendidikan karakter bagi mahasiswa di era digital dapat diimplementasikan dengan  menggunakan pendekatan yang tepat. Pendidikan karakter merupakan proses pengenalan moralitas dan agama kepada mahasiswa melalui   pembiasaan, penguatan dan pengembangan perilaku. Pendidikan karakter bagi mahasiswa sangat penting untuk mengatasi krisis moral yang saat ini sedang terjadi, karena dengan penguatan karakter, mahasiswa akan dibekali sehingga memiliki landasan karakter yang baik untuk dapat mengatasi krisis moral. Tujuan dari tulisan  ini adalah mendeskripsikan pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa di era digital dan penerapannya pada mahasiswa bertujuan untuk menghasilkan generasi muda yang disiplin, jujur, bertanggung jawab, toleran, percaya diri, komunikatif dan kreatif, sesuai dengan cita-cita Pancasila agar dapat membangun generasi yang bermoral. Metode yang digunakan adalah deskpriptif kualitatif dengan jenis penelititan studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk menahan kemerosotan moral dan etika sehingga pendidikan karakter harus digalakkan sejak awal masuk perguruan tinggi. Pendidikan karakter memberikan bekal kepada mahasiswa berupa lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila  yang harus dikokohkan yaitu: religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan.

Kata kunci: pendidikan karakter, mahasiswa, era digital, nilai-nilai karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam , H & Santoso, M.H. (2012). Analisis Perilaku Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Akutansi dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB Vol. 2 No. 2.

Chrisiana, W. (2005). Upaya Penerapan Pendidikan karakter bagi Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri UK Petra). Jurnal Teknik Industri Vol. 7 No. 1, Hlm 83-90.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi Pendidikan karakter Bangsa pada Mahasiswa di Perguruan Tingi. Makalah.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, halm 3675-3688.

Hadi, S. (2016). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartadinata, S. (2018). Arah dan Tantangan Bimbingan dan Konseling Profesional: Proposisi Historik-Futuristik . Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Koesoema, A. D. (2007). Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, Imas, Berlin Sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkkan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Bandung: Bumi Aksara.

Manalu, J. (2014). Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter dalam HMS Sosiolog Universitas Mulawarman Kalimantan Timur). e-Journal Psikologi Vol. 2 No. 4, hlm 26-28.

Maria, Rika, Rifma & Syahril. (2021). Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4, halm 1503-1512.

Marsono. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial. Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0 (pp. 51-58). Bali: Dharma Acarya.

Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter di masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter 3(1), 64-76.

Maswardi, A. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangs. Yogyakarta: Calpulis.

Megawangi, R. (2010). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: IHF (Indonesia Heritage Foundation).

Mentari, A. (2017). Study Thought Ki Hajar Dewantara on the Concept of Character and National Education. 4th International Conference on English Literature and Humanities, (pp. 480-484). Lampung.

Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Samani & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter . Bandung: PR Rinjaya Rosda Karya.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta'dib.

Setiawati, A. N. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SIstem Pendidikan Nasional Vol. 1 No. 1 2017, 348-352.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta'lim, Jilid I Momor 6 November 2013, hlm 480-487.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Kencana Media Group.

Suyanto. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Yeni, Muhammad Kristiawan. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua dan Supervisi pendidikan. Jurnal Manajemen Kepemimpinan Vol. 2 No. 2.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Siti Maryam, N. (2023). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 9(1), 95–106. https://doi.org/10.56959/jpss.v9i1.92