MENINGKATKAN STANDAR PROSES MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA JENJANG SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v8i1.72Keywords:
Academic Supervision, Process Standars, Elementary SchoolAbstract
The purpose of this study was to find out about improving process standards through the implementation of academic supervision at the elementary school level in Gantarang District, Bulukumba Regency. Data collection methods, namely observation, tests, and documentation. This research was conducted from January to April 2018. The research method is descriptive statistical analysis techniques and percentages. The results showed that the teacher's ability to make lesson plans in the first cycle was 78.60 percent and increased in the second cycle by 84.47 percent. The ability of teachers to apply lesson plans in the first cycle was 76.83 percent and increased in the second cycle by 82.72
Downloads
References
Bahauddin T. 1999. Brainware Management Generasi Kelima Manajemen Manusia. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Depdikbud.1995. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Lampiran III. KeputusanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan MenengahDirektoratPendidikan Dasar
Depdikbud. 1985. CBSA, Bagaimana Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: BalitbangDikbud, PusatPengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Menunjang Kecakapan Hidup Siswa. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2004. Pedoman Supervisi Pengajaran. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah: Jakarta
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah-Penelitian Tindakan Sekolah. DirektoratJenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kemendikbub. 2012. Supervisi Akademik. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan.
Patton, Patricia. 2002. EQ-Development from Success to Significance. Alih bahasa Hermes. 2002. Jakarta: Mitra Media.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru
PeraturanMenteri Negara PendayagunaanAparatur Negara dan ReformasiBirokrasiNo.PER/16/M.PAN-RB/11/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan AngkaKreditnya
Prayitno, 1999. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanro, Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya
Rohano, H.M, Ahmad. 1991. Administrasi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Rusman. 2013. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisma Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Satrategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Talib, J., Asra, A. A., & Mapata, D. (2021). Bahasa Indonesia (Tata Tulis Dan Komunikasi Ilmiah). Media Sains Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.