MENINGKATKAN STANDAR PROSES MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhabbabe M Diknas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v8i1.72

Keywords:

Academic Supervision, Process Standars, Elementary School

Abstract

The purpose of this study was to find out about improving process standards through the implementation of academic supervision at the elementary school level in Gantarang District, Bulukumba Regency. Data collection methods, namely observation, tests, and documentation. This research was conducted from January to April 2018. The research method is descriptive statistical analysis techniques and percentages. The results showed that the teacher's ability to make lesson plans in the first cycle was 78.60 percent and increased in the second cycle by 84.47 percent. The ability of teachers to apply lesson plans in the first cycle was 76.83 percent and increased in the second cycle by 82.72

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahauddin T. 1999. Brainware Management Generasi Kelima Manajemen Manusia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Depdikbud.1995. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Lampiran III. KeputusanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan MenengahDirektoratPendidikan Dasar

Depdikbud. 1985. CBSA, Bagaimana Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: BalitbangDikbud, PusatPengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Menunjang Kecakapan Hidup Siswa. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2004. Pedoman Supervisi Pengajaran. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah: Jakarta

Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah-Penelitian Tindakan Sekolah. DirektoratJenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Kemendikbub. 2012. Supervisi Akademik. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Patton, Patricia. 2002. EQ-Development from Success to Significance. Alih bahasa Hermes. 2002. Jakarta: Mitra Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru

PeraturanMenteri Negara PendayagunaanAparatur Negara dan ReformasiBirokrasiNo.PER/16/M.PAN-RB/11/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan AngkaKreditnya

Prayitno, 1999. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanro, Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya

Rohano, H.M, Ahmad. 1991. Administrasi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Rusman. 2013. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisma Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Satrategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Talib, J., Asra, A. A., & Mapata, D. (2021). Bahasa Indonesia (Tata Tulis Dan Komunikasi Ilmiah). Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

M, M. (2022). MENINGKATKAN STANDAR PROSES MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA JENJANG SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Sang Surya, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.56959/jpss.v8i1.72