PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Mudassir Nur UPT SPF SMP Negeri 32 Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v7i2.55

Keywords:

Learning media, learning outcomes, school environment, attitudes

Abstract

This research is a classroom action research (Classroom Action Research), which generally aims to improve mathematics learning outcomes and attitudes towards mathematics of class IX2 students of SMP Negeri 32 Bulukumba. The research objectives: (1) describe the implementation of learning, (2) describe the mathematics learning outcomes achieved by class IX2 students, and (3) describe students' attitudes towards mathematics. This research was conducted at SMP Negeri 32 Bulukumba, Tanahlemo Village, Bontobahari District, Bulukumba Regency, South Sulawesi Province. The research subjects were students of class IX2 SMP Negeri 32 Bulukumba in the odd semester of the 2019 2020 academic year as many as 28 students. Subjects consisted of 17 female students and 11 male students. The research was carried out in 2 (two) cycles. Cycle I was carried out 6 times and 1 time was given a test of learning outcomes (daily test). Cycle II was carried out for 4 times of action and 1 time of giving learning outcomes tests (daily tests). The results showed that: (a) the average test results of learning outcomes (daily tests) of students in the first cycle was 60.00 increased to 63.00 in the second cycle, (b) students' attitudes towards mathematics increased in the form of cooperation, responsibility, honesty, confidence and care for the environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1987. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Depdiknas (2006), kurikulum 2006: Standar isi mata Pelajaran matematikan untuk SMP/MTS

DiroktoratJenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Guru Pembelajar modul matematika SMP Refleksi, PTK dan Penbgembangan Keprofesian guru.

Elfiky Ibrahim. 2014. Berfikir Positif. Jakarta: Zaman.

Elwood N. Chapman, Sikap Kekayaan Anda Yang Paling Berharga. Bina Aksara Jakarta Indonesia tahun 1987. http://www.gurubelajar.com/2011/11/pengertian-sikap-positif.html. Diakse tanggal 3 Agustus 2016.

Haling, A. dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik Oemar. 1990. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang

Juairiah, dkk. 2014. Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta.Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, Volume 6 Nomor 2, Desember 2014, hal 83-88. Diakses di https://www.google.com/search?q=Jurnal+Biologi+Edukasi+Edisi+13%2C+Volume+6+Nomor+2%2C+Desember+2014%2C+hal+83-88&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab tanggal 1 Agustus 2016.

Khanifah Sri, 2011. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Mahluk Hidup Di MTS Miftahul Huda Bogorejo : Skripsi. Tidak ditertibitkan .Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Lie, A. 2005. Cooperative Learning:“Mempraktekkan Cooperative Learning di dalam Ruang-Ruang Kelas”. Jakarta: GramediaWidiasarana Indonesia.

Margaret E. Bell Gredler. 1993. Belajar dan Membelajarkan Seri Pustaka Tekhnologi Pendidikan No.11.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persda.

Munir, 2015.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. CV. Alfabeta :Bandung

MudassirNur. 2015. Pemamfaatan limbah kantin sekolah sebagai media pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar matematika kelas IX4 SMP negeri 32 Bulukumba. Jurnal Ilmiah Panrita Lopi STKIP Muhammadiyah Bulukumba Volume 6 Nomor 2 Juni 2015.

Nadrah. 2016. Pengaruh Model Pembelajarn kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Diesertasi. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Rusli. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran matematika Berbasis Kerja Otak pada Materi Geometri di SMA Pesantren Tarbiyah Takalar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Sahabuddin, 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar : UNM

Slameto. 2003. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Suharismi Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

St. Syamsudduha, Muh. Rapi, 1012.Penggunaan Lingkunagn Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan (online), Vol. 15 No. 181 Juni 2012. Diakses di https://www.google.com/search?q=jurnal+pembelajaran+berbasisi+lingkungan+sekolah&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab. Tanggal 16 Desember 2015.

Sugiarti. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kejujuran Akademik Siswa SMPdisertasi. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Suherman, Herman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Talib, J., Asra, A. A., & Mapata, D. (2021). Bahasa Indonesia (Tata Tulis Dan Komunikasi Ilmiah). Media Sains Indonesia.

Tim Paramitra, 2011. Kumpulan lengkap Materi Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar dan Karier. Yogyakarta : Paramitra Publishing.

Uno, Hamzah B., 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Zanwir, 2017 .Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran .https://bdkpadang. kemenag.go.id/index. php? option=com_content&view=article&id=639: lingkungan- sebagai -media- pembelajaran & catid=41:top-headlines & Itemid=158.Diaksestanggal 7 juli 2017

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

Nur, M. . (2021). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 7(2), 16–23. https://doi.org/10.56959/jpss.v7i2.55