PEMBELAJARAN KEBENCANAAN DENGAN TEKS EKSPLANASI MELALUI BRANDING SEKOLAH SIAPCANA
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.456Keywords:
Teks eksplanasi, pembelajaran kebencanaan, branding sekolah, SIAPCANAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah siswa siap siaga bencana. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pembahasan dideskripsikan berdasarkan kondisi nyata di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, kepustakaan, wawancara, dan simulasi. Hasil yang dicapai melalui pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah SIAPCANA adalah 1) masyarakat lingkungan sekolah memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan tentang bahaya bencana alam, 2) memiliki pengetahuan yang luas
mengenai langkah-langkah strategis tentang kesiapsiagaan terhadap bencana alam, 3) memahami jenis-jenis penyebab bencana alam yang dapat mengakibatkan korban jiwa,
yaitu banjir bandang, angin puting beliung, tanah longsor, likuifaksi, gempa bumi,
tsunami, dan erupsi gunung merapi, 4) siswa dapat melakukan sosialisasi secara aktif
tentang langkah penyelamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain, dan 5)
pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah
SIAPCANA dapat melahirkan siswa yang paham dengan budaya kesiapsiagaan bencana
alam dengan tujuan dapat mengurangi korban jiwa dalam jumlah besar.
Downloads
References
Anggun Melati Sari, Sarwiji Suwandi, A. A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan
Keterampilan Menulia Teks Eksplanasi Kompleks melalui Metode Kooperatif Tipe Picture
and Picture pada Siswa SMK. Basastra, 3(1), 1–19.
Azizah, Y. A., & Budiyono, A. (2023). Implementasi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan
dasar, 7(1), 132-141.
Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi
Branding Sekolah dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP-
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3568-3576.
Chaeruman, U. A. (2019). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning
Model. Jurnal Teknodik, 17(4), 053. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577
Desriani, R., NASUTION, K. A., & Pitaloka, A. (2020). Metamorfosis teks eksplanasi dalam
kehidupan. Guepedia.
Irwansyah. (2013). Menginisiasi Nation Branding Indonesia Menuju Daya Saing Bangsa
Irwansyah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia Gedung Selo Soemardjan ( H ) Lantai 6 Kampus FISIP UI Depok
Email : ironesyah@gmail.com ; i. Ilmu Komunikasi, 11(April), 80–91.
Isnaeni, A. W. (2014). Peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan bagi siswa
di SMA Negeri Se-Kabupaten Kebumen. Edu Geography, 3(1).
Maryani, E. (2013). Model Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Ilmu Pengetahuan Sosial di
Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Geografi FPIPS UPI, 2(2), 1--17.
Masfuah, S., & Rusilowati, A. (2011). Pembelajaran kebencanaan alam dengan model bertukar
pasangan bervisi sets untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal
Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School branding: Strategi di era disruptif. Bumi Aksara.
Pestauli, G. (SMP S. I. M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius
Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, I(2 Juli), 1–11.
Pranoto, S., & Sunarno. (2014). The Effectiveness of Implementation of Problem Based
Learning ( PBL ), Blended Learning ( BL ) Models , And Their Integrations toward the A
chievement Viewed from Student ‟ s Capability of Evaluating and Creativity. Bioedukasi,
(1), 44–50.
Rahmat, H. K., Hiram, T. P. B. P. S., Alamsyah, A. N., & Bimantara, M. A. (2024). Upaya
Peningkatan Budaya Sadar Bencana Pada Siswa Guna Meningkatkan Kesiapsiagaan SMA
Terpadu Baitul Hikmah Depok. Indonesian Journal of Emerging Trends in Community
Empowerment, 2(1), 1-10.
Rikhayatun, S. (2014). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi yang Diintegrasikan
dengan Pengetahuan Kebencanaan Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher
Here Bagi Siswa Kelas X SMA N 1 Ngluwar Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation,
UNS (Sebelas Maret University)).
Rika Kustina, H. K. (2014). Efektivitas pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi pada Siswa
kelas VII.1 SMP Negeri 3 Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena, V(2 Juli), 148–
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan
penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran
RADEC. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130.
Suwartini, I. (2014). Analisis Teks Eksplanasi pada Media Massa melalui Pembelajaran
Berbasis Masalah. Jurnal Bahastra ,Vol, XXXII(1), 49–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.