PEMBELAJARAN KEBENCANAAN DENGAN TEKS EKSPLANASI MELALUI BRANDING SEKOLAH SIAPCANA

Authors

  • Jihad Talib Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Irfan Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.456

Keywords:

Teks eksplanasi, pembelajaran kebencanaan, branding sekolah, SIAPCANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah siswa siap siaga bencana. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pembahasan dideskripsikan berdasarkan kondisi nyata di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, kepustakaan, wawancara, dan simulasi. Hasil yang dicapai melalui pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah SIAPCANA adalah 1) masyarakat lingkungan sekolah memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan tentang bahaya bencana alam, 2) memiliki pengetahuan yang luas
mengenai langkah-langkah strategis tentang kesiapsiagaan terhadap bencana alam, 3) memahami jenis-jenis penyebab bencana alam yang dapat mengakibatkan korban jiwa,
yaitu banjir bandang, angin puting beliung, tanah longsor, likuifaksi, gempa bumi,
tsunami, dan erupsi gunung merapi, 4) siswa dapat melakukan sosialisasi secara aktif
tentang langkah penyelamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain, dan 5)
pembelajaran kebencanaan dengan teks eksplanasi melalui branding sekolah
SIAPCANA dapat melahirkan siswa yang paham dengan budaya kesiapsiagaan bencana
alam dengan tujuan dapat mengurangi korban jiwa dalam jumlah besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun Melati Sari, Sarwiji Suwandi, A. A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan

Keterampilan Menulia Teks Eksplanasi Kompleks melalui Metode Kooperatif Tipe Picture

and Picture pada Siswa SMK. Basastra, 3(1), 1–19.

Azizah, Y. A., & Budiyono, A. (2023). Implementasi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan

dasar, 7(1), 132-141.

Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi

Branding Sekolah dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP-

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3568-3576.

Chaeruman, U. A. (2019). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning

Model. Jurnal Teknodik, 17(4), 053. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577

Desriani, R., NASUTION, K. A., & Pitaloka, A. (2020). Metamorfosis teks eksplanasi dalam

kehidupan. Guepedia.

Irwansyah. (2013). Menginisiasi Nation Branding Indonesia Menuju Daya Saing Bangsa

Irwansyah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Indonesia Gedung Selo Soemardjan ( H ) Lantai 6 Kampus FISIP UI Depok

Email : ironesyah@gmail.com ; i. Ilmu Komunikasi, 11(April), 80–91.

Isnaeni, A. W. (2014). Peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan bagi siswa

di SMA Negeri Se-Kabupaten Kebumen. Edu Geography, 3(1).

Maryani, E. (2013). Model Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Ilmu Pengetahuan Sosial di

Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Geografi FPIPS UPI, 2(2), 1--17.

Masfuah, S., & Rusilowati, A. (2011). Pembelajaran kebencanaan alam dengan model bertukar

pasangan bervisi sets untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal

Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School branding: Strategi di era disruptif. Bumi Aksara.

Pestauli, G. (SMP S. I. M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius

Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, I(2 Juli), 1–11.

Pranoto, S., & Sunarno. (2014). The Effectiveness of Implementation of Problem Based

Learning ( PBL ), Blended Learning ( BL ) Models , And Their Integrations toward the A

chievement Viewed from Student ‟ s Capability of Evaluating and Creativity. Bioedukasi,

(1), 44–50.

Rahmat, H. K., Hiram, T. P. B. P. S., Alamsyah, A. N., & Bimantara, M. A. (2024). Upaya

Peningkatan Budaya Sadar Bencana Pada Siswa Guna Meningkatkan Kesiapsiagaan SMA

Terpadu Baitul Hikmah Depok. Indonesian Journal of Emerging Trends in Community

Empowerment, 2(1), 1-10.

Rikhayatun, S. (2014). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi yang Diintegrasikan

dengan Pengetahuan Kebencanaan Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher

Here Bagi Siswa Kelas X SMA N 1 Ngluwar Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation,

UNS (Sebelas Maret University)).

Rika Kustina, H. K. (2014). Efektivitas pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted

Individualization (TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi pada Siswa

kelas VII.1 SMP Negeri 3 Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena, V(2 Juli), 148–

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan

penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran

RADEC. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130.

Suwartini, I. (2014). Analisis Teks Eksplanasi pada Media Massa melalui Pembelajaran

Berbasis Masalah. Jurnal Bahastra ,Vol, XXXII(1), 49–64.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Talib, J., & Irfan. (2025). PEMBELAJARAN KEBENCANAAN DENGAN TEKS EKSPLANASI MELALUI BRANDING SEKOLAH SIAPCANA . Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 720–727. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.456

Most read articles by the same author(s)