EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BERBASIS THK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD 6 KESIMAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Dewi Anzelina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Emaliana Trianita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Teja Mahotama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Manuangga Pradnyana Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Diah Hermayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Sri Devikananda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.453

Keywords:

Efektivitas, Model Inquiry, Tri Hita Karana (THK), Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inquiry berbasis Tri Hita Karana (THK) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 6 Kesiman. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis, observasi, dan angket. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata nilai pretest (62) menjadi posttest (79). Uji paired sample t-test menunjukkan nilai p < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis setelah penerapan model. Hasil observasi menunjukkan siswa lebih aktif dalam diskusi dan menerapkan nilai-nilai THK seperti Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan. Selain itu, tanggapan siswa terhadap model pembelajaran ini sangat positif, dengan mayoritas menyatakan pembelajaran menyenangkan, mendorong kerja sama, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86/27.

Andriani, R. I., & Widiyono, A. (2024). Kendala Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3618.

Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(2). https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/17971.

Lidiawati, K. R., & Aurelia, T. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia: Rendah atau tinggi. Buletin KPIN, 9(02). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1200-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-di-indonesia-rendah-atau-tinggi.

Maylia, E. C., Amelia, A. P., Suwarna, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 32-41. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41.

Purandina, I. P. Y. (2020). Pendidikan karakter tumbuh selama pandemi Covid-19. Perspektif Pendidikan, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55555.

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Anzelina, D., Trianita, K. E. ., Teja Mahotama, I. B. ., Pradnyana, I. . B. M. P., Hermayanti, . N. K. D. ., & Devikananda, N. K. S. (2025). EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BERBASIS THK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD 6 KESIMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 743–750. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.453