PENGARUH PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.2 SMPN 3 PALLANGGA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.444Keywords:
TPACK, Canva, keterampilan menulis, bahasa Indonesia, pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang diintegrasikan dengan media Canva terhadap keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest yang melibatkan 38 siswa kelas VII.2 SMPN 3 Pallangga, Kabupaten Gowa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen pretest dan posttest, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penerapan pendekatan TPACK berbasis Canva. Pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong kreativitas, dan mendukung pengembangan literasi visual. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi media digital seperti Canva melalui pendekatan TPACK efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di tingkat pendidikan menengah.
Downloads
References
Asfari, R., Suryana, D., & Lestari, I. (2022). Penggunaan media dalam pembelajaran menulis.
Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(3), 1058–1065. https://doi.org/10.xxxx/jpb.v14i3.7890
Hidayat, R., & Ramli, M. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menulis teks deskripsi di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 45– 53. https://doi.org/10.xxxx/jpbsi.v11i1.1234
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.
Muflikha, R. R., Nurhayati, T., & Setiawan, A. (2023). Efektivitas pendekatan TPACK dalam pembelajaran digital.
Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v5i2.5670
Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Pengaruh media Canva terhadap hasil belajar siswa.
Jurnal Pendidikan Digital, 12(1), 45–52. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v12i1.3456
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.