PENGARUH PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.2 SMPN 3 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Authors

  • Anggraini Waris Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.444

Keywords:

TPACK, Canva, keterampilan menulis, bahasa Indonesia, pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang diintegrasikan dengan media Canva terhadap keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest yang melibatkan 38 siswa kelas VII.2 SMPN 3 Pallangga, Kabupaten Gowa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen pretest dan posttest, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penerapan pendekatan TPACK berbasis Canva. Pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong kreativitas, dan mendukung pengembangan literasi visual. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi media digital seperti Canva melalui pendekatan TPACK efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di tingkat pendidikan menengah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfari, R., Suryana, D., & Lestari, I. (2022). Penggunaan media dalam pembelajaran menulis.

Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(3), 1058–1065. https://doi.org/10.xxxx/jpb.v14i3.7890

Hidayat, R., & Ramli, M. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menulis teks deskripsi di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 45– 53. https://doi.org/10.xxxx/jpbsi.v11i1.1234

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Muflikha, R. R., Nurhayati, T., & Setiawan, A. (2023). Efektivitas pendekatan TPACK dalam pembelajaran digital.

Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v5i2.5670

Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Pengaruh media Canva terhadap hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan Digital, 12(1), 45–52. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v12i1.3456

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Waris, A. ., Latief, S. A. ., & Asnidar, A. . (2025). PENGARUH PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.2 SMPN 3 PALLANGGA KABUPATEN GOWA. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 728–734. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.444