EKSPLORASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PPKN UAD

Authors

  • Yasir Marzuqi Universitas Ahmad Dahlan
  • Sheraton Pawestri Universitas Ahmad Dahlan
  • Triwahyuningsih Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.432

Keywords:

Artificial intelligence, mahasiswa PPKn, studi kasus, pembelajaran digital, etika akademik

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah mengubah paradigma pembelajaran di perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), pemanfaatan AI tidak hanya meningkatkan efisiensi belajar, tetapi juga berdampak pada pembentukan etika akademik dan kemampuan berpikir kritis sebagai calon pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang difokuskan pada mahasiswa PPKn Universitas Ahmad Dahlan. Data diperoleh melalui kuesioner tertutup, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk memastikan validitas. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa secara aktif memanfaatkan AI untuk mencari informasi, menyelesaikan tugas, dan merangkum materi. Sebagian besar responden merasakan peningkatan pemahaman dan produktivitas belajar. Namun, temuan juga mengungkap adanya tantangan, seperti potensi plagiarisme, ketergantungan, dan melemahnya interaksi sosial serta daya berpikir kritis. Penelitian ini menegaskan bahwa AI memiliki potensi sebagai alat pembelajaran inovatif, asalkan digunakan secara bijak. Integrasi literasi digital dan etika teknologi dalam kurikulum menjadi penting agar mahasiswa dapat memanfaatkan AI secara efektif dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinwalere, S. N., & Ivanov, V. (2022). Artificial intelligence in hgher education: challenges and opportunities. Border Crossing, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.33182/bc.v12i1.2015

Al Braiki, B., Harous, S., Zaki, N., & Alnajjar, F. (2020). Artificial intelligence in education and assessment methods. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 9(5), 1998–2007. https://doi.org/10.11591/eei.v9i5.1984

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan penggunaan ChatGPT dalam pendidikan ditinjau dari sudut pandang moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education. UNESCO.

Hwang, G.-J., Sung, H.-Y., Chang, S.-C., & Huang, X.-C. (2020). A fuzzy expert system-based adaptive learning approach to improving students’ learning performances by considering affective and cognitive factors. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1, 100003. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100003

J. W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Kharis, S. A. A., & Zili, A. H. A. (2024). Chatgpt Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran: Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Abad 21. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 206–214.

Kinanti Ika Lestari, Nurazmi Zelita Putri, Suri Rizki, & Syairal Fahmy Dalimunthe. (2024). Peran kecerdasan buatan dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran bahasa . JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 705–710.

Lin, P., & Mei, H. (2023). Analysis of research papers on the use of english movies in Chinese Senior High School English Teaching in the past three years. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 16(1), 24–48. https://doi.org/10.18785/jetde.1601.02

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. Pearson.

Marzuki, Widiati, U., Rusdin, D., Darwin, & Indrawati, I. (2023). The impact of AI writing tools on the content and organization of students’ writing: EFL teachers’ perspective. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236469

Miles, M. B. , & H. A. M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis:A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.

Neil Selwyn. (2019). Should robots replace teachers? AI and the Future of Education. Polity Press.

Pisica, A. I., Edu, T., Zaharia, R. M., & Zaharia, R. (2023). Implementing Artificial Intelligence in Higher Education: Pros and Cons from the Perspectives of Academics. Societies, 13(5), 118. https://doi.org/10.3390/soc13050118

Rahman, Md. M., & Watanobe, Y. (2023). ChatGPT for Education and Research: Opportunities, Threats, and Strategies. https://doi.org/10.20944/preprints202303.0473.v1

Schleicher, A. (2020). The Impact of COVID-19 on Education: Insights from “Education at a Glance 2020.”

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1), 15. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x

Wiratama, I. K. (2021). . Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam pendidikan: Tantangan dan etika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 15–25.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0

Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI technologies for education: Recent research & future directions. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100025

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Marzuqi, Y., Pawestri, . S. ., & Triwahyuningsih. (2025). EKSPLORASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PPKN UAD. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 751–763. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.432