SIKAP GURU TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KECAMATAN TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.431Keywords:
pendidikan inklusif, sikap guru, TATISAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sikap guru SD dan TK di sekolah negeri dan swasta di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh guru TK dan SD yang bekerja di sekolah negeri dan swasta di kecamatan Tanah Abang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan survei pada 68 guru di kecamatan Tanah Abang dengan menggunakan instrumen Teacher Attitudes towards Inclusion Scale (TATIS). Hasil penelitian menunjukkan: Hasil penelitian : 79,41% guru di kecamatan Tanah Abang memiliki sikap sedang terhadap pendidikan inklusif. Selain itu, jumlah guru yang memiliki sikap sikap tinggi (1,47%) terhadap pendidikan inklusif lebih sedikit daripada yang memiliki sikap rendah (19,12%). Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan berdasarkan data demografi seperti jenis kelamin, usia, tingkat satuan pendidikan yang diajar, pengalaman mengajar, tingkat pendidikan terakhir guru, dan frekuensi berinteraksi dengan siswa penyandang disabilitas di kelas, kecuali data demografi mengenai jenis satuan pendidikan yang diajar, dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang mengajar di sekolah negeri dan swasta, dimana guru yang mengajar di swasta memiliki sikap lebih positif dibandingkan guru yang mengajar di sekolah negeri.
Downloads
References
Alfian, A. (2013). Pendidikan inklusif di Indonesia. E-Journal IAIN Jambi, 4. Anshory, I. (2018). SWOT Analysis on Inclusive Education in Indonesia. Education and Humanities Research, 231, 255-258.
Antonak, R. F., & Larrivee, B. (1995). Psychometric analysis and revision of the opinions relative to mainstreaming scale. Exceptional Children, 62(2), 139-149.
Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers' attitudes towards integration/inclusion: a review of the literature. European journal of special needs education, 17(2), 129-147.
Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
BPS. (2021). Statistik Pendidikan
Cochran, H. K. (1997). The Development and Psychometric Analysis of the Scale of Teachers' Attitudes Toward Inclusion (STATIC).
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches: Sage publications.
Cullen, J. P., Gregory, J. L., & Noto, L. A. (2010). The Teacher Attitudes Toward Inclusion Scale (TATIS) Technical Report. Online submission.
De Boer, A., Pijl, S. J., & Minnaert, A. (2011). Regular primary schoolteachers’ attitudes towards inclusive education: A review of the literature. International Journal of Inclusive Education, 15(3), 331-353.
Direktorat Pendidikan Masyarakat & Pendidikan Khusus. (2021). Data Sekolah Inklusif dan Murid di Sekolah Inklusif.
Forlin, C., Earle, C., Loreman, T., & Sharma, U. (2011). The sentiments, attitudes, and concerns about inclusive education revised (SACIE-R) scale for measuring preservice teachers’ perceptions about inclusion. Exceptionality Education International, 21(3).
Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, (2021).
Guillemot, F., Lacroix, F., & Nocus, I. (2022). Teachers' attitude towards inclusive education from 2000 to 2020: An extended meta-analysis. International Journal of Educational Research Open, 3, 100175.
Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal AsSalam, 1(3), 9-15. Jailani, G. D. R., Widayat, R. M., Misbahuddin, A., & Agzumi, G. The Implementation of Inclusive Education Policy in Yogyakarta City for Students with Special Needs.
Junaidi, A. R. (2020). Teachers’ Attitudes Toward Inclusive Education in East Java, Indonesia. Journal of ICSAR; Volume, 4(1), 1-4.
Kelle, U. (2006). Combining qualitative and quantitative methods in research practice: purposes and advantages. Qualitative research in psychology, 3(4), 293-311.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Data Pokok Pendidikan: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Retrieved from https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/016001
Larrivee, B., & Cook, L. (1979). Mainstreaming: A study of the variables affecting teacher attitude. The Journal of Special Education, 13(3), 315-324.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.