KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.425Keywords:
addition, integers, mathematicAbstract
Matematika merupakan pelajaran yang diajarkan dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Matematika diajarkan guna mengajarkan kepada siswa ubtuk berpikir logis, mencari hubungan, serta berpikir kretaif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Musamus jurusa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan subjek penelitian berjumlah 63 mahasiswa. Adapun materi yang dipilih yakni penjumlahan bilangan bulat. Penelitian menunjukkan apabila mahasiswa masuk dalam kriteria sedang dalam penguasaan konsep penjumlahan bilangan bulat diakibatkan kurang pemahaman mengenai penjumlahan bilangan bulat.
Downloads
References
Anugraheni, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Bulat Berbasis Media Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 276–283. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p276-283
Astuti, A., Br Ginting, S., Boru Sinaga, S., Wong Lieung, K., Hanip, R., Nirthaa, E., Puji Rahayu, D., Ngali Mahuze, P., & Hanipah, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Tangram Berbantu Bangun Datar. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.53860/losari.v6i1.214
Astuti, Ginting, S. B., Mahuze, P. N., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Bergaya Belajar Visual. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/simpati.v2i1.500
Astuti, Ginting, S. B., Suryani, D. R., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Matematis Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Rme Materi Jenis Bilangan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 408–414. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2870
Astuti, Rahayu, D. P., Ginting, S. B., Sinaga, S. B., Mahuze, P. N., Hanip, R., Marpaung, R. W., & Situmorang, P. L. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditorial. Jurnal Pendidikan Modern, 9(3), 124–130. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v9i3.967
Astuti, Tembang, Y., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2023). Instrumen Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2307
Astuti, & Thana, P. M. (2024). Buku Algoritma Euclid Untuk Guru Sekolah Dasar Guna Perhitungan KPK Juga FPB. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 5, 519–521.
Benge, Y., Peni, N., & Meke, K. D. P. (2021). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Smp Kristen Ende Tahun Pelajaran 2021/2022. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.59098/mega.v2i2.500
Dewi, K. K., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas VI SDN 1 Kersanagara. Journal Innovation in Education, 2(4), 01–13.
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.831
Rahman, A. A., Fadillah, A., Asma, N., Hidayati, A., Beatric Videlia, R., Novrianti, Ramdhania, K. F., Astuti, Sinambela, M. H., Sa’adah, U., & Salsabila. (2023). Konsep Dasar Matematika SD. www.getpress.co.id
Rodiyah, S. (2005). Matematika Untuk Kelas VII (A. Dadi (ed.)). PT Setia Purna Inves.
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244
Yasmin, L., Ermiana, I., & Hidayati, V. R. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Vi Di Sdn 1 Kuta. 08(1), 1592–1606.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.