KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT

Authors

  • Astuti Astuti Universitas Musamus
  • Retno Wuri Sulistyowati Universitas Musamus
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Musamus
  • Karlina Wong Lieung Universitas Musamus
  • Bernadetha Rizki Kaize Universitas Musamus
  • Rival Hanip Universitas Musamus
  • Paustina Ngali Mahuze Universitas Musamus
  • Bhujangga Ayu Putu Priyudahari Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.425

Keywords:

addition, integers, mathematic

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang diajarkan dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Matematika diajarkan guna mengajarkan kepada siswa ubtuk berpikir logis, mencari hubungan, serta berpikir kretaif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Musamus jurusa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan subjek penelitian berjumlah 63 mahasiswa. Adapun materi yang dipilih yakni penjumlahan bilangan bulat. Penelitian menunjukkan apabila mahasiswa masuk dalam kriteria sedang dalam penguasaan konsep penjumlahan bilangan bulat diakibatkan kurang pemahaman mengenai penjumlahan bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Bulat Berbasis Media Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 276–283. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p276-283

Astuti, A., Br Ginting, S., Boru Sinaga, S., Wong Lieung, K., Hanip, R., Nirthaa, E., Puji Rahayu, D., Ngali Mahuze, P., & Hanipah, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Tangram Berbantu Bangun Datar. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.53860/losari.v6i1.214

Astuti, Ginting, S. B., Mahuze, P. N., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Bergaya Belajar Visual. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/simpati.v2i1.500

Astuti, Ginting, S. B., Suryani, D. R., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Matematis Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Rme Materi Jenis Bilangan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 408–414. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2870

Astuti, Rahayu, D. P., Ginting, S. B., Sinaga, S. B., Mahuze, P. N., Hanip, R., Marpaung, R. W., & Situmorang, P. L. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditorial. Jurnal Pendidikan Modern, 9(3), 124–130. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v9i3.967

Astuti, Tembang, Y., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2023). Instrumen Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2307

Astuti, & Thana, P. M. (2024). Buku Algoritma Euclid Untuk Guru Sekolah Dasar Guna Perhitungan KPK Juga FPB. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 5, 519–521.

Benge, Y., Peni, N., & Meke, K. D. P. (2021). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Smp Kristen Ende Tahun Pelajaran 2021/2022. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.59098/mega.v2i2.500

Dewi, K. K., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas VI SDN 1 Kersanagara. Journal Innovation in Education, 2(4), 01–13.

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.831

Rahman, A. A., Fadillah, A., Asma, N., Hidayati, A., Beatric Videlia, R., Novrianti, Ramdhania, K. F., Astuti, Sinambela, M. H., Sa’adah, U., & Salsabila. (2023). Konsep Dasar Matematika SD. www.getpress.co.id

Rodiyah, S. (2005). Matematika Untuk Kelas VII (A. Dadi (ed.)). PT Setia Purna Inves.

Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244

Yasmin, L., Ermiana, I., & Hidayati, V. R. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Vi Di Sdn 1 Kuta. 08(1), 1592–1606.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Astuti, A., Sulistyowati, . R. W. ., Rahayu, D. P. ., Lieung, K. W. ., Kaize, B. R. ., Hanip, R. ., Mahuze, P. N. ., & Putu Priyudahari, B. . A. . (2025). KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT . Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 714–719. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.425