PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES ANDI TONRO KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nur Maimanah Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.424

Keywords:

Keterampilan Membaca Pemahaman, Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu keterampilan membaca pemahaman masih rendah dengan nilai yang diperoleh siswa masih di bawah 70 atau tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan yaitu 70, sehingga penulis menggunakan Strategi Directed Reading Thingking Activity. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain "One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Sampel penelitian yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,  pemberian tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian pre-test dan post-test dimana hasil tabel distribusi t dengan taraf signifikan ∂ = 0,05 dan d.b  = N − 1 = 28 – 1 = 27 maka diperoleh t 0,05 = 1,70. Setelah diperoleh t_hiting= 2,100 dan t_Tabel = 1,70 maka diperoleh t_hiting > t_tabel  atau 2,100 > 1,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Baguna, D. (2024). Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1, Februari 2024. 5(1), 36–44.

Agus, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pola Pengelolaan Deduktif Dan Induktif Di SMP. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 268–281. https://etdci.org/journal/Aufklarung/index

Akhir, M., & Suardi. (2024). Correlation Analysis of Language Skills, Self-Efficacy, Achievement Motivation, and Self-Regulated Learning in Predicting Student Academic Achievement in Higher Education. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 282–292. https://doi.org/10.32601/ejal.1022

Hidayana, S., Pateda, L., Pautina, A. R., Fitk, P., Sultan, I., Gorontalo, A., Fitk, P., Sultan, I., Fitk, P., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity ( DRTA ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh : Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity , Kemampuan Membaca Pemahaman Keywords : Directed Reading Comprehension Ability Thinking Act. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 2(1), 58–81.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495

Halawa, N., & Lase, F. (2022). Mengentaskan Hoax Dengan Membaca Pemahaman Di Era Digital. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 235–243. https://doi.org/10.56248/ educativo.v1i1.32

Irma Sari, E., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847

Juliana, Prayuda, M. S., & Tanjung. Darinda Sofia. (2023). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 066050 Medan. Journal on Education, 05(04), 11503–11520.

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.3535

Marwani, M., Munirah, M., & Sulfasyah, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran DRTA (Directed Reading-Thinking Activity) Berbantuan Audio Visual terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(6), 9457–9473. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4105

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. In G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol 3, Number 1).

Presiden Republik Indonesia. (2015). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional, 1, 1–27.

Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991–998.

Utomo, M. P., Arifai, & Nugroho, R. A. (2023). Pengaruh Latihan Diamond Passing terhadap Ketepatan Passing Futsal SMAN 13 Bandar Lampung. JouPE: Journal of Physical Education, 4(2), 8–16. http://jim.teknokrat.ac.id/index. php /pendidikanolahraga/index

Wiranataputra. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Yulianti, Wulandari, D. A. (2019). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA https://conference.unikama.ac.id/artikel/ Vol. 3, November 2019. Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Atribut Terhadap Hasil Belajar IPS Melalui Karakter Gotong Royong, 3 (November), 149–157. https://conference.unikama.ac.id/artikel/ index.php/pgsd/article/view/77

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Ismail, N. M. ., Akhir, M. ., & Rajab, A. . (2025). PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES ANDI TONRO KOTA MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 702–713. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.424