PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES ANDI TONRO KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.424Keywords:
Keterampilan Membaca Pemahaman, Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking ActivityAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu keterampilan membaca pemahaman masih rendah dengan nilai yang diperoleh siswa masih di bawah 70 atau tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan yaitu 70, sehingga penulis menggunakan Strategi Directed Reading Thingking Activity. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain "One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Sampel penelitian yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian pre-test dan post-test dimana hasil tabel distribusi t dengan taraf signifikan ∂ = 0,05 dan d.b = N − 1 = 28 – 1 = 27 maka diperoleh t 0,05 = 1,70. Setelah diperoleh t_hiting= 2,100 dan t_Tabel = 1,70 maka diperoleh t_hiting > t_tabel atau 2,100 > 1,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar
Downloads
References
A.Baguna, D. (2024). Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1, Februari 2024. 5(1), 36–44.
Agus, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pola Pengelolaan Deduktif Dan Induktif Di SMP. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 268–281. https://etdci.org/journal/Aufklarung/index
Akhir, M., & Suardi. (2024). Correlation Analysis of Language Skills, Self-Efficacy, Achievement Motivation, and Self-Regulated Learning in Predicting Student Academic Achievement in Higher Education. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 282–292. https://doi.org/10.32601/ejal.1022
Hidayana, S., Pateda, L., Pautina, A. R., Fitk, P., Sultan, I., Gorontalo, A., Fitk, P., Sultan, I., Fitk, P., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity ( DRTA ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh : Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity , Kemampuan Membaca Pemahaman Keywords : Directed Reading Comprehension Ability Thinking Act. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 2(1), 58–81.
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Halawa, N., & Lase, F. (2022). Mengentaskan Hoax Dengan Membaca Pemahaman Di Era Digital. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 235–243. https://doi.org/10.56248/ educativo.v1i1.32
Irma Sari, E., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847
Juliana, Prayuda, M. S., & Tanjung. Darinda Sofia. (2023). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 066050 Medan. Journal on Education, 05(04), 11503–11520.
Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.3535
Marwani, M., Munirah, M., & Sulfasyah, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran DRTA (Directed Reading-Thinking Activity) Berbantuan Audio Visual terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(6), 9457–9473. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4105
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. In G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol 3, Number 1).
Presiden Republik Indonesia. (2015). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional, 1, 1–27.
Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991–998.
Utomo, M. P., Arifai, & Nugroho, R. A. (2023). Pengaruh Latihan Diamond Passing terhadap Ketepatan Passing Futsal SMAN 13 Bandar Lampung. JouPE: Journal of Physical Education, 4(2), 8–16. http://jim.teknokrat.ac.id/index. php /pendidikanolahraga/index
Wiranataputra. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Yulianti, Wulandari, D. A. (2019). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA https://conference.unikama.ac.id/artikel/ Vol. 3, November 2019. Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Atribut Terhadap Hasil Belajar IPS Melalui Karakter Gotong Royong, 3 (November), 149–157. https://conference.unikama.ac.id/artikel/ index.php/pgsd/article/view/77
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.