TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Muhamad Ali Sofyan Aji Universitas Muria Kudus
  • Richma Hidayati Universitas Muria Kudus
  • Rheni Juliastanti SMK Negeri 1 kudus

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.420

Abstract

Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya etika pergaulan di kalangan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kudus. Temuan awal memperlihatkan kebiasaan siswa yang kurang menghormati teman sebaya, penggunaan bahasa tidak sopan, dan kecenderungan tidak menjaga adab lisan dalam interaksi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok berbasis teknik sosiodrama. PTBK dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam kegiatan sosiodrama, siswa berperan dalam simulasi situasi pergaulan sehingga dapat merefleksikan sikap mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman dan perilaku etika pergaulan secara signifikan. Pada pra-siklus, skor rata-rata pemahaman siswa sebesar 52,75% (kategori rendah). Setelah intervensi dua siklus, skor rata-rata tersebut meningkat menjadi 91,76% (kategori tinggi), dengan peningkatan kumulatif sebesar 39,01%. Data observasi pendukung juga mengindikasikan perubahan positif: siswa lebih antusias berdialog, memperhatikan norma kesopanan, serta mengendalikan ucapan negatif. Temuan ini menegaskan efektivitas sosiodrama dalam memperbaiki etika pergaulan siswa. Hasil intervensi tersebut juga mencerminkan keterkaitan erat dengan nilai-nilai Islam seperti ukhuwah (persaudaraan), sopan santun, dan menjaga lisan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terbukti menjadi strategi efektif untuk menanamkan etika pergaulan berlandaskan nilai-nilai keislaman di kalangan siswa SMK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Novita, M. Husen, and Martunis Yahya. 2016. ―Pelaksanaan Layanan Bimbingan

Kelompok Dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa SMK Negeri 1 Kluet Selatan.‖

JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling 1(1).

Aulia, Yudha, Zulfikar Kabilla, and Ganjar Eka Subakti. 2018. Etika Bergaul Dalam Islam.

Vol. 1.

Berek, Bernadetha, Kristina Jelita, Alyssa Karolina Tasib, Anggelina Karmi Taek, Germano

Gabriel Freitas Ballo Moreira, Sanly Yufeni Olla, Estha Tarocy Manu, Serli yance

Namah, Albert Mario Kumanireng, and Yulsy Marselina Nitte. 2025. ―SOSIALISASI

ETIKA PERGAULAN: BIJAK DALAM BERGAUL CERDAS DALAM BERTINDAK

BAGI SISWA DI KELAS XI B SMA KATOLIK SINT CAROLUS PENFUI

KUPANG.‖ Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat 3(02):633–39.

Endriani, Ani. 2016. ―Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Ma

Nurul Ishlah NW Beleka Kabupaten Lombok Tengah.‖ Jurnal Teknologi Pendidikan:

Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 1(1):77–87.

Guntara, Yudi, and Sintia Astika. 2021. ―Bimbingan Keagamaan Dalam Membina Etika

Pergaulan Santri Remaja.‖ IKTISYAF: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf 3(1):30–55.

Hafid, Cecep Anwar, and Kenny Murfy Perdana. n.d. ―Implementasi Nilai Pendidikan

Karakter Dalam Al-Quran Surah Al-Hujurat Ayat 11-13: Perspektif Tafsir Al-Azhar.‖

Hamid, Ilham. 2018. ―Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar.‖

Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial 1(1).

Hidayati, Nurul. 2015. ―Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik

Sosiodrama Pada Siswa SMK Perindustrian Yogyakarta.‖ Jurnal Riset Mahasiswa

Bimbingan Dan Konseling 4(12).

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Sofyan Aji, M. A. ., Hidayati, R. ., & Juliastanti, R. (2025). TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 690–701. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.420