INTEGRASI TEKNOLOGI GEOSPASIAL DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GEOGRAFI DI TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.418Keywords:
Teknologi Geospasial, Kontekstual, GeografiAbstract
Teknologi geospasial seperti Sistem Informasi Geografis (SIG), penginderaan jauh, dan pemetaan digital (misalnya Google Earth) semakin berperan penting dalam pembelajaran Geografi, khususnya dalam konteks pembelajaran kontekstual. Teknologi ini menjembatani konsep abstrak dengan realitas spasial di sekitar siswa, sehingga meningkatkan relevansi dan pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep integrasi teknologi geospasial dalam pembelajaran Geografi di SMA, serta mengidentifikasi strategi dan tantangan dalam penerapannya. Menggunakan metode studi literatur, artikel ini menganalisis berbagai sumber akademik terkait implementasi teknologi geospasial di pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi ini dapat memperkuat keterampilan berpikir spasial, analitis, dan kritis siswa, meskipun masih menghadapi kendala seperti rendahnya kompetensi guru. Kesimpulannya, integrasi teknologi geospasial berpotensi besar meningkatkan kualitas pembelajaran jika didukung oleh sumber daya dan kebijakan yang memadai.
Downloads
References
Adaktylou, N. E., Landenberger, R. E., Czajkowski, K. P., Liu, P., Hedley, M. L., & Struble, J. (2018). Using Geospatial Technology to Enhance Science Teaching and Learning: A Case Study for “SATELLITES” Geo-science Program. International Journal of Environmental & Science Education, 13(7), 605–621. http://www.compareyourcountry.org/pisa/country/USA?lg=en
Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526
Damar Cahyanti, B., Murtini, S., & Perdana Prasetya, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Kelas XI dalam Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Gadeng, A. N., Urfan, F., Himayah, S., Furqan, M. H., Desfandi, M., & Azis, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Geografi Untuk Materi Penginderaan Jauh di Sekolah Menengah Atas. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 148. https://doi.org/10.22146/mgi.64988
Hakim, L. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i8.2024.21
Handayani Putri, P., & Sriyanto. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Neger 52 Jakarta. Edu Geography. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo
Harmelya, S., Anwar, S., Susetyo, B. B., & Martini, G. (2024). Persepsi Peserta Didik terhadap Aplikasi Teknologi Geospasial pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA 1 Sungai Tarab. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 5(3), 2828–7126.
Junita, N., & Wijayanto, B. (2024). Pemanfaatan Teknologi Geospasial dalam Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Fase F di SMA Negeri 1 Sungai Geringging. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3).
Khairurraziq, K. (2024). Pemanfaatan Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Sigi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 8(2), 201–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i2.27286
Manakane, S. E., Latue, E. C., & Rakuasa, C. (2023). Integrating Geospatial Technology in Learning: An Innovation to Improve Understanding of Geography Concepts. Sinergi International Journal of Education, 1(2), 60–74. https://journal.sinergi.or.id/
Nugraha, H. A., Khairunnisa, U. Z., & Mukti, H. (2024). Inovasi Pembelajaran Persebaran Flora dan Fauna Endemik berbasis Geographical Location Menggunakan ArcGIS Story Maps: Studi Kasus SMAN 07 Surakarta. Edu Geography, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/edugeo.v11i2.69710
Purba Sejati, S., Satya Candra Rosaji, F., Lisditya Permatasari, A., Nucifera, F., Afianita Suherningtyas, I., Riasasi, W., Arsanti, V., & Nuraini Sekarsih, F. (2021, May). Teknologi geospasial sebagai media pembelajaran geografi di lingkungan sekolah tingkat menengah. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 19(1), 15–25. https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia/index
Rombe, S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Desain Pembelajaran Geografi di Era digital. El-Jughrafiyah, 04(02).
Widiyatmoko, W., Pratiwi, D. H., Wibowo, Y. A., Dewi, R. P., Wardhani, P. I., & Musiyam, M. (2024). Adopsi Teknologi sebagai Sumber Belajar SIG oleh Guru Geografi di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 12(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.