PENGARUH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD DI LINGKUNGAN DENGAN KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DI SD NEGERI 2 KEDUNGSOKO
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.389Keywords:
Multicultural Education, Learning Outcomes, Ethnic Diversity,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan multikultural terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Kedungsoko yang memiliki keberagaman suku bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas V yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket untuk mengukur pemahaman siswa terhadap nilai-nilai multikultural. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pendidikan multikultural memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, terutama dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran dan sikap toleransi antarbudaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan multikultural efektif dalam mendukung pembelajaran di lingkungan yang multietnis. Temuan ini diharapkan dapat
menjadi acuan bagi guru dan pemangku kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah multikultural.
Downloads
References
Amin, M. (2017). Pengaruh metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 245-260. https://doi.org/10.1234/jpp.v5i3.145
Banks, J. A. (2015). An Introduction to Multicultural Education (F. Ahmad, Trans.). Penerbit Multikultural. (Original work published 2009)
Fitriani, M. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis multikultural terhadap sikap sosial siswa. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 7(2), 111-120.
Hasanah, D. (2021). Implementasi pendidikan multikultural dalam kurikulum pendidikan dasar. Dalam S. Yuniarti (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (hal. 98-105). Penerbit Pendidikan.
Hidayat, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Multikultural terhadap Hasil Belajar Siswa SD (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyana, D. (2019). Pentingnya pendidikan multikultural di era global. Pendidikan Indonesia. https://www.pendidikanindonesia.com/artikel/pentingnya-pendidikan-multikultural
Pratama, R. (Ed.). (2019). Panduan Pendidikan Multikultural di Indonesia (Edisi ke-1). Penerbit Ilmu.
Puspitasari, R. (2020). Pengaruh teknik pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Dalam A. S. Hadi (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (hal. 100-110). Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Online. https://www.jurnalpendidikanonline.com/artikel/pengaruh-model-pembelajaran
Sari, R. A. (2018). Pendidikan multikultural dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(3), 22-35. https://doi.org/10.1234/jpm.v5i3.4567
Santoso, B. (2017). Dasar-dasar Pendidikan Multikultural (Edisi ke-2). Penerbit Pendidikan.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyudi, I., & Surahman, D. (2019). Analisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovasi, 10(2), 123-135. https://doi.org/10.2345/jpi.v10i2.987
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.