KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN INTUISI BILANGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KARANGBENER
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.369Keywords:
Bilangan cacah, Intuisi bilangan, Kemampuan pemahaman, Media ular tangga.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemahaman dan intuisi bilangan siswa kelas IV di SDN 4 Karangbener melalui penggunaan media ular tangga pada materi bilangan cacah. Metode yang digunakan adalah kualittatif deskriptif, dengan teknik triangulasi data yang mengutamakan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara,dan analisis lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikerjakan siswa dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukann bahwa media ular tangga dapat membantu siswa dalam memahami konsep dasar bilangan cacah, seperti urutan bilangan. Selain itu,pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelompok meningkatkan interaksi dan diskusi antar siswa, yang pada giliranya memperkuat pemahaman mereka terhadap materi. Analisis terhadap hasil LKPD menunjukkan bahwa siswa yang bekerja dalam kelompok memiliki hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan soal-soal matematika dibandingkan yang bekerja secara individu. Pembelajaran dengan media ular tangga juga meningkatkan intuisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika secara cepat dan tepat.
Downloads
References
Akhidah, D. N., Zuliana, E., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Model Realistic Mathematics Education Pada Pemahaman Konsep Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 244–259. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3526
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17
Dewantara, A. H., & Saraswati, S. (2022). Analisis Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persentase. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 15(1), 49–61. https://doi.org/10.30863/didaktika.v15i1.62
Hidayah, R. W., & Sholihah, U. (2023). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7417
Hutami, Y. F. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Pangeran Diponegoro Wonosobo Tahun 2012 (pp. 4–70).
Idayani, S., & Purwanto, A. (2022). Analisis Number Sense Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 123. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887
Khabibatur Rohmah, D. P., Vika Ivania, & Eka Zuliana. (2024). Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Media Bambu. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02), 35–43. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i02.5707
Kusumaningrum, S. R., Prasetya, A. B., & Zuliana, E. (2024). Pengaruh Media Jeruk Bali Melalui Pendekatan Pmri Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Vi. Al-Aqlu: Jurnal Matematika, Teknik Dan Sains, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.59896/aqlu.v2i1.53
Kusumawati, P. I., Widiyani, E., & Zuliana, E. (2024). Permainan Ular Tangga sebagai Media Lintasan Belajar Bilangan Cacah Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(2), 118–126. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no2.a16843
Meilawati, D. F. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78
Nugraha, Y., & Mulhamah, M. (2017). Analisis Kemampuan Number Sense Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 54. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.315
Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number sense siswa pada materi bilangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 1174–1182. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2949/0
Rohman, F., Hendra, P. Y., Syukri, R., Sulistiana, & Nurhanurawati. (2024). lkpd rme: dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(ii), 231–243.
Rozimah, S. (2020). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. In Uniiversitas UIN Mataram (pp. 2–50). http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/250%0Ahttp://etheses.uinmataram.ac.id/250/1/Siti Rozimah 160103010 %282%29.pdf
Septiani, W., Wahyuni, R., & Husna, N. (2024). Analisis Kemampuan Number Sense Matematis Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII Mts Al- Fattah Singkawang memudahkan seorang guru dalam memberikan soal number sense kepada siswa , sebab itu , untuk mempelajari. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 12–27.
Sofyani, S. (2023). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SD (Vol. 13, Issue 1, pp. 104–116).
Unaenah, E; Khairunnisa, A Z; Ningrum, N W; Sabilah, S. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Bilangan Cacah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(4).
Widodo, E. R., & Suryani, L. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Nilai Tempat Bilangan Cacah Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 1 Sdn Patihan Kota Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5648–5659.
Zuhroh, S., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Nafi’ah. (2024). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.