ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW BUKU AJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI VEKTOR

Authors

  • Yenni Novita Harahap Universitas Alwashliyah Medan
  • Rahmi Khoirun Nisa Universitas Alwashliyah Medan
  • Retno Retno Mulianingtias Universitas Alwashliyah Medan,
  • Siti Halimah Tumanggor Universitas Alwashliyah Medan
  • Aprillia Syahrani Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.347

Keywords:

Matematika, Materi Vektor, Pemahaman Konsep

Abstract

Belajar matematika merupakan suatu proses yang dilalui seseorang melalui tiga simpul: tindakan mental, proses berpikir, dan proses pemahaman. Karena matematika adalah ilmu pengetahuan, maka siswa pada dasarnya harus mahir di dalamnya. Sebenarnya seseorang menggunakan simpul tiga siklus untuk melaksanakan aktivitas belajar matematika (tindakan mental - metode berpikir - cara memahami). Penilaian buku matematika ini dilakukan pada sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Humbang Hasundutan kelas XI pada materi tentang vector yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan maka dapat diambil kesimpulan mengenai telaah buku siswa matematika dilihat pada materi tentang vector dari segi penggunaan Bahasa pada buku, dari aspek Kelengkapan komponensi stematika, dari aspek syarat norma, dari aspek penyajian materi, dari aspek konten yang disajikan, dan penyelesaian contoh soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, P. M., & Aminah, N. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Pada Materi Vektor Siswa Kelas XI SMAN 4 (pp. 24–39).

Anri, M. J., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan Pada Materi Trigonometri Untuk Peserta Didik SMK Kelas X. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2666–2677. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.902

Awang, I. S., Novianti, E. V, & Wahyuni, F. R. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mengacu Kurikulum 2013 Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 109–117. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.105

Bhowmik, A. (2023). Aspect-Based Sentiment Analysis Model for Evaluating Teachers’ Performance From Students’ Feedback. Aiub Journal of Science and Engineering (Ajse), 22(3), 287–294. https://doi.org/10.53799/ajse.v22i3.921

Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143

Harlis, H., & Budiarti, R. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Alga Pada Mata Kuliah Taksonomi Monera Dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik, 5(3), 215–224. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7722

Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125

Kodliuk, Y., Bibik, N., Kodliuk, I., Kodliuk, L., & Radchenko, O. (2021). School Textbook as an Object of Pedagogical Research. SHS Web of Conferences, 104, 02009. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110402009

Murniati, N. (2023). A Comprehensive Scientific Literacy Analysis of Biology Textbooks Used by Indonesian Senior High Schools. 410–425. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_40

Ramasamy, L. K., Kadry, S., & Lim, S. (2021). Selection of Optimal Hyper-Parameter Values of Support Vector Machine for Sentiment Analysis Tasks Using Nature-Inspired Optimization Methods. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 10(1), 290–298. https://doi.org/10.11591/eei.v10i1.2098

Rindiani, A. Y. T., & Meldi, N. F. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Ipk Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Tanjungpura. Satya Widya, 39(2), 106–117. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p106-117

Ryandi, R. B., & Santri, D. D. (2021). Geogebra Untuk Pembelajaran Vektor. Prisma, 10(1), 77. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1084

Susanto, M., Rokhim, M., & Wicaksono, H. (2022a). Book Analysis of High School / MA Mathematics Students Class X Curriculum Specialization. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(2), 207216. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i2.31967

Susanto, M., Rokhim, M., & Wicaksono, H. (2022b). Book Analysis of High School / MA Mathematics Students Class X Curriculum Specialization. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(2), 207216. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i2.31967

Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Prisningtyas, N. V. (2022). Analisis Komponen Keterampilan Proses Sains Pada Buku Ajar Ipa Kelas Ix. Lensa (Lentera Sains) Jurnal Pendidikan Ipa, 12(2), 87–96. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.230

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Harahap, Y. N., Nisa, R. K., Retno Mulianingtias, R. ., Tumanggor, S. H. ., & Syahrani, A. . (2024). ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW BUKU AJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI VEKTOR. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 582–589. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.347