ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW BUKU AJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI VEKTOR
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.347Keywords:
Matematika, Materi Vektor, Pemahaman KonsepAbstract
Belajar matematika merupakan suatu proses yang dilalui seseorang melalui tiga simpul: tindakan mental, proses berpikir, dan proses pemahaman. Karena matematika adalah ilmu pengetahuan, maka siswa pada dasarnya harus mahir di dalamnya. Sebenarnya seseorang menggunakan simpul tiga siklus untuk melaksanakan aktivitas belajar matematika (tindakan mental - metode berpikir - cara memahami). Penilaian buku matematika ini dilakukan pada sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Humbang Hasundutan kelas XI pada materi tentang vector yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan maka dapat diambil kesimpulan mengenai telaah buku siswa matematika dilihat pada materi tentang vector dari segi penggunaan Bahasa pada buku, dari aspek Kelengkapan komponensi stematika, dari aspek syarat norma, dari aspek penyajian materi, dari aspek konten yang disajikan, dan penyelesaian contoh soal.
Downloads
References
Anisa, P. M., & Aminah, N. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Pada Materi Vektor Siswa Kelas XI SMAN 4 (pp. 24–39).
Anri, M. J., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan Pada Materi Trigonometri Untuk Peserta Didik SMK Kelas X. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2666–2677. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.902
Awang, I. S., Novianti, E. V, & Wahyuni, F. R. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mengacu Kurikulum 2013 Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 109–117. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.105
Bhowmik, A. (2023). Aspect-Based Sentiment Analysis Model for Evaluating Teachers’ Performance From Students’ Feedback. Aiub Journal of Science and Engineering (Ajse), 22(3), 287–294. https://doi.org/10.53799/ajse.v22i3.921
Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143
Harlis, H., & Budiarti, R. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Alga Pada Mata Kuliah Taksonomi Monera Dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik, 5(3), 215–224. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7722
Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125
Kodliuk, Y., Bibik, N., Kodliuk, I., Kodliuk, L., & Radchenko, O. (2021). School Textbook as an Object of Pedagogical Research. SHS Web of Conferences, 104, 02009. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110402009
Murniati, N. (2023). A Comprehensive Scientific Literacy Analysis of Biology Textbooks Used by Indonesian Senior High Schools. 410–425. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_40
Ramasamy, L. K., Kadry, S., & Lim, S. (2021). Selection of Optimal Hyper-Parameter Values of Support Vector Machine for Sentiment Analysis Tasks Using Nature-Inspired Optimization Methods. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 10(1), 290–298. https://doi.org/10.11591/eei.v10i1.2098
Rindiani, A. Y. T., & Meldi, N. F. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Ipk Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Tanjungpura. Satya Widya, 39(2), 106–117. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p106-117
Ryandi, R. B., & Santri, D. D. (2021). Geogebra Untuk Pembelajaran Vektor. Prisma, 10(1), 77. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1084
Susanto, M., Rokhim, M., & Wicaksono, H. (2022a). Book Analysis of High School / MA Mathematics Students Class X Curriculum Specialization. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(2), 207216. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i2.31967
Susanto, M., Rokhim, M., & Wicaksono, H. (2022b). Book Analysis of High School / MA Mathematics Students Class X Curriculum Specialization. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(2), 207216. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i2.31967
Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Prisningtyas, N. V. (2022). Analisis Komponen Keterampilan Proses Sains Pada Buku Ajar Ipa Kelas Ix. Lensa (Lentera Sains) Jurnal Pendidikan Ipa, 12(2), 87–96. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.