PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PARUDACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SANDING 2
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.325Keywords:
Media pembelajaran, Parudaca, keterampilan membaca, sekolah dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran Parudaca terhadap peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDN Sanding 2. Media Parudaca, yang terdiri dari papan huruf dan roda baca, dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian
menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, meliputi observasi awal, penerapan tindakan, serta evaluasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan membaca peserta didik. Rata-rata nilai membaca peserta didik meningkat dari 65% (kategori kurang) pada
pra-siklus, menjadi 72,5% (kategori cukup) pada siklus pertama, dan mencapai 90% (kategori sangat baik) pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, seluruh peserta didik mampu membaca secara mandiri tanpa bantuan media pembelajaran. Kesimpulannya, media Parudaca terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik, menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, serta memotivasi peserta didik untuk lebih aktif. Media ini dapat menjadi alternatif untuk digunakan di sekolah dasar, dengan harapan penelitian lanjutan dapat mengembangkan inovasi serupa.
Downloads
References
Abdillah, L.A., dkk., 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Indramayu: Penerbit Adab.
Fitri, R. R. P. L., & Jayanti, R. (2022). Keterkaitan Kemampuan Baca Siswa Terhadap Keterampilan Menulis. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 581–587.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Huljannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711
Khasanah, I. N., Anggraeni, D. S. D., Nisya, K., Susanti, R. F. R., Utomo, A. P. Y., & Yulianti, U. H. (2023). Analisis Frasa Verba Dan Frasa Nomina Dalam Teks Argumentasi Pada Buku Ajar Kelas Xi Sma Kurikulum Merdeka. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 333-351.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Nur, A., Hidayatullah, S., Gorontalo, U. M., Gorontalo, U. N., & Gorontalo, K. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE BASED LEARNING, 190–197.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Septiaji, A., & Nisya, R. K.(2023). Gemar Membaca Terampil Menulis Keterampilan Reseptif dan Produktif dalam Berbahasa. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.