PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PARUDACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SANDING 2

Authors

  • Aseri Gumilir Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Malika Alkiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sylva Nur Hjijah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.325

Keywords:

Media pembelajaran, Parudaca, keterampilan membaca, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran Parudaca terhadap peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDN Sanding 2. Media Parudaca, yang terdiri dari papan huruf dan roda baca, dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian
menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, meliputi observasi awal, penerapan tindakan, serta evaluasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan membaca peserta didik. Rata-rata nilai membaca peserta didik meningkat dari 65% (kategori kurang) pada
pra-siklus, menjadi 72,5% (kategori cukup) pada siklus pertama, dan mencapai 90% (kategori sangat baik) pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, seluruh peserta didik mampu membaca secara mandiri tanpa bantuan media pembelajaran. Kesimpulannya, media Parudaca terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik, menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, serta memotivasi peserta didik untuk lebih aktif. Media ini dapat menjadi alternatif untuk digunakan di sekolah dasar, dengan harapan penelitian lanjutan dapat mengembangkan inovasi serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L.A., dkk., 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Indramayu: Penerbit Adab.

Fitri, R. R. P. L., & Jayanti, R. (2022). Keterkaitan Kemampuan Baca Siswa Terhadap Keterampilan Menulis. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 581–587.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Huljannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711

Khasanah, I. N., Anggraeni, D. S. D., Nisya, K., Susanti, R. F. R., Utomo, A. P. Y., & Yulianti, U. H. (2023). Analisis Frasa Verba Dan Frasa Nomina Dalam Teks Argumentasi Pada Buku Ajar Kelas Xi Sma Kurikulum Merdeka. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 333-351.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Nur, A., Hidayatullah, S., Gorontalo, U. M., Gorontalo, U. N., & Gorontalo, K. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE BASED LEARNING, 190–197.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Septiaji, A., & Nisya, R. K.(2023). Gemar Membaca Terampil Menulis Keterampilan Reseptif dan Produktif dalam Berbahasa. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Gumilir, A. ., Alkiana, M. ., Nur Hjijah, S. ., & Rakhman, P. A. . (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PARUDACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SANDING 2. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 611–619. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.325