INTEGRITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.318Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pendidikan karakter berperan dalam meningkatan kualitas pendidikan di era digital. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur dengan analisis data kualitatif deksriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa pendidikan karakter dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di era digital yaitu dengan cara membantu siswa membangun moral dan etika yang kuat, mengembangkan keterampilan sosial dan profesional siswa, mendorong pemikiran kritis siswa, serta membantu siswa menavigasi etika di era digital. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa integritas pendidikan karakter sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Pendidikan karakter tidak hanya membangun moral dan etika siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan siswa, pemikiran kritis, dan kesiapan untuk menghadapi tantangan modern.
Downloads
References
Agung Jaya Suryawan, I. G. (2022). Kajian Kompetensi Siswa Menghadapi Tantangan Masa Depan. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 6(1), 73. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v6i1.2065
Arum, D. M. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. JME Jurnal Management Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59561/jme.v1i2.70
Devi Ayu Lestari, Wanda Kholisah, & M. Rifqi Januar Supriyanto. (2024). Pentingnya Etika dan Moral dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 43–49. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3878
Dewi, A. C., Az-zahra, P. F., Ilmi, N., Putri, D., & Sari, P. D. (2023). Challenges and Opportunities for Character Education in the Digital Era. 1(4), 239–248.
Mauliddiyah, N. L. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 13(2), 6.
Muchtar, F. F., Rahman, M. C., Azhar, M. N., Kamila Ishaq, S. S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2024). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Sinektik, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9173
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Silfia, A., Asroni, M., & Chanifudin, C. (2024). Tumbuh Karakter Unggul: Membangun Pendidikan Berbasis Moral dan Etika. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1068–1076. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2492
Tantri, K. S., Aqilla, N. A., & Sukmawati, A. (2023). Pendidikan Karakter di Era Digital: Mengajarkan Etika dan Tanggung Jawab dalam Penggunaan Sosial Media. Anwarul, 3(4), 662–675. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1278
Tebi Hariyadi Purna, Candra Viamita Prakoso, & Ratna Sari Dewi. (2023). Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192–202. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.614
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Zakaria, Sukomardojo, T., Sugiyem, Razali, G., & Iskandar. (2023). Menyiapkan Siswa untuk Karir Masa Depan Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi : Meninjau Peran Penting Kecerdasan Buatan. Journal on Education, 5(04), 14141–14155. http://jonedu.org/index.php/joe
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.