PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KPK & FPB DI KELAS V SD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ayu Mulyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Adestiani Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Eka Setiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh media konkret dalam meningkatkan pemahaman siswa. Media konkret berfungsi sebagai alat instruksional yang dapat diraba dan diamati oleh siswa, memfasilitasi visualisasi ide-ide abstrak dalam pendidikan. Untuk memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konten. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dicirikan oleh siklus berkelanjutan dari berbagai kegiatan: persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran papan KPK dan FPB secara signifikan meningkatkan prestasi akademik dan pemahaman siswa kelas lima di SDN Gowok. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang nyata untuk matematika adalah efektif, karena data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Mulyani, A., Pratiwi, A. ., & Setiani, E. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KPK & FPB DI KELAS V SD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 597–602. https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.312