MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI EDUCA PLAY
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.308Keywords:
Game, Educaplay, IPASAbstract
Penelitian berupaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan menggunakan media interaktif berbasis online yaitu Educaplay selama proses pembelajaran. PTK ini termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 peserta didik kelas III A di SDN Pao-Pao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan game edukasi yaitu Educaplay pada mata pelajaran IPAS kelas III A materi Metamorfosis Makhluk Hidup, peserta didik lebih memahami materi yang di ajarkan dan permainan selama pembelajaran. Kelebihan dari media Educaplay ini adalah melatih peserta didik untuk berpikir kritis, belajar lebih menarik, mengekspresikan apa yang dipelajari secara bebas, menantang diri sendiri, belajar mandiri dan mengembangkan keterampilan peserta didik.
Downloads
References
Adila, Y., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Ppkn Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(4), 761-767.
Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Fernanda, N., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Peningkatan hasil belajar pendidikan Pancasila melalui media Educaplay di kelas IVB SDN Dukuh Kupang III Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 58-63.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa. BPFE.
Sison, K. J. S. (2021). Educaplay As Teaching Media In Virtual Classes.
Wahyudi. L., K, dkk. (2022). mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.