EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN IBM SPSS STATISTIC 29 PADA MATA KULIAH STATISTIKA TERAPAN
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v11i1.307Keywords:
efektivitas, PBL, SPSS, statistikaAbstract
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah pendekatan instruksional yang berpusat pada peserta didik di mana masalah nyata yang kompleks digunakan sebagai alat untuk memajukan konsep dan prinsip pembelajaran peserta didik (Wang, 2021). Kegiatan pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Statistika dapat dikolaborasikan dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan IBM SPSS Statistic 29 pada mata kuliah Statistika Terapan. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan yaitu uji rata-rata, uji proporsi, dan uji beda rata-rata, diperoleh hasil penelitian bahwa efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan SPSS IBM SPSS Statistic 29 pada mata kuliah Statistika Terapan berlangsung efektif.
Downloads
References
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3).
Ardianti, R et al. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Aspriyani et al. (2022). Implementasi SPSS Dalam Analisis Data bagi Mahasiswa di Cilacap. Jurnal Terapan Abdimas, 7 (2), 230-237
David, L. (2020). “Problem-Based Learning (PBL),” in Learning Theories. https://learning-theories.com/problem-based-learning-pbl.html.
Fatchiatuzahro et al. (2024). Pengantar Statistik Untuk Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: Penerbit Widina.
Hastawan, I et al. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 987-996.
Irawan, J et al. (2021). Operasionalisasi IBM SPSS 21 untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Olah Data Penelitian Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4 (2), 68-74.
Kurino, Y.D. (2020). Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 150-154.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.
Maulidina et al. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Proceeding Galuh Mathematics National Conference, 4(1), 068-074.
Wang, C. C. (2021). The Process of Implementing Problem-Based Learning in a Teacher Education Programme: Anexploratory Case Study. Cogent Education, 8(1), 1-13.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.