PENINGKATAN LITERASI MENGGUNAKAN TEKNIK BERCERITA BAGI SISWA DI SDK BOBA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.305Keywords:
minat belajar, literasi, teknik berceritaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi masih rendanya budata literasi para peserta didik di SDK Boba, hal ini terlibat dari minat baca peserta didik masih tergolong rendah. Teknik bercerita dapat melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar dengan memahami,mengingat dan menyampaikan Kembali informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik memahami isi bacaan dan meningkatkan minat mereka dalam literasi membaca melalui pendekatan bercerita. Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan literasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi mempunyai cakupan yang luas, tidak hanya berbicara tentang membaca dan menulis huruf, melainkan kemampuan menangkap informasi dengan pemikiran logis dan kritis.yang akhirnya mampu memanfaatkannya secara efektif mencapai tujuan tertentu. Salah satu metode peningkatan literasi pada peserta didik adalah bercerita.
Downloads
References
Afriliyanti.(2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Sekolah Dasar Usia 6-12 Tahun Dengan Penerapan Metode Tanya Jawab.Jurnal On Early Childhood, 1(1),1-11.
Andi Dan Suryani. (2021). Pembuatan Media Pembelajarn Paud Berbasis Bahan Alam Di Tk Alfia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani .1(1), 50-61.
Andri.( 2015).Begin Bright Fondasi Sukses Anak Di Bangun Sejak Dini.Jakartra: P Telex Media Komputindo
Arifin,A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher 115 Professional Development, And Student Academic Performance In Secondary Education. Internation Education Trend Trend Issues, 2(2),151-159.
Arifudin,O. (2020). Psikologi Pendidikan ( Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung Widina Bhakti Persada.
Arifudin,O.(2021).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung :Widina Bhakti Persada Bandung Bandung.
Arifudin, O(2022).Perkembangan Peserta Didik ( Tinjauan Teori-Teori Dan Prakti Bandung:Cv Widina Media Utama.
Arifudin,O.(2023).Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia,1(1).5058.
Arifudin,O.(2024). Utilization Of Artificial Intelligence In Scientific Writing,Journal Of Technology Global,1(2),131-140.Bps.(2019).Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019. Jakarta:Badan Pusat Statistik.
Chadijah,S.(2017).Kebanggan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride)Di Purwakrta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo,11,121.
Chadijah,S.(2022). Interferensi Bahasa Dalam Komunikasi Massa Dedi Mulyadi Di Channel Youtube Kang Dedi Mulyadi.Jurnal Bisnis,10(1),140-152
Febrina,a.(2021). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Kemampuan Berbicara Siswa(studi pada kelas x mata pelajaran bahasa inggris di sma negri 1 pagar alam).diadik:jurnal ilmiah teknologi Pendidikan, 11(1), 88- 99.https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18371
Hoerudin,C.W.(2021).Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Bercerita.Jurnal Al-Amar (JAA),2(2),121-132
Madu,F.J.,& Jediut,M.(2023).The Role Of Teacher Ini The Development Of Readingliteracy. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 655-663.Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V9i4.6395
BPS. (2019). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Kominfo (2017). Survei Penggunaan TIK Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat.
KBBI Daring https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi
Krismanto,W.,Halik,A.,& Sayidiman,S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey,Question,Read,Recite,Review(SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD negri 46 Parepare.Publikasi Pendidikan:Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan,5(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.