PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MAN 1 ASAHAN

Authors

  • Putri Suaidah Pulungan Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.289

Keywords:

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Metakognitif, kemampuan penalaran dan kecerdasan emosional.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional siswa MAN 1 Asahan, (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter, (3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. dengan menggunakan model pengembangan 4-D, Bahan ajar yang dikembangkan ( Buku Guru, Buku Siswa) Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Asahan dan  uji coba II pada siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Asahan, kemudian tahap penyebaran pada kelas XI MIA 2 SMA N 1 Panyabungan  . Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa dalam toleransi yang telah ditetapkan, b) ketuntasan tes kemampuan penalaran secara klasikal; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes sebesar 35,8% dengan
N-gain=0.718 kategori tinggi; 3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter yang dikembangkan dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes meningkat sebesar 29,8% dengan N-gain sebesar 0,703 kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Diani, Rahma. (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Model Problem Based Instruction Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Kelas X SMA/Ma Pada Materi Suhu Dan Kalor. Mathematics, science & education, National Converence (MSENCO). ISBN: 978-602-74581-0-9.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Dari Pada IQ. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hasratuddin, (2015) Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan : Perdana Publishing

Hasibuan, A. Z. O, Surya. E, Syahputra. E (2017) The Application Of Ctl To Improve Students’ Understanding Concept Ability By Matflash Graphic

Media Assistance Ijariie Vol-3 Issue-2 2017 Issn(O) 2395-4396

Hia, Yasifati (2017). Mathematical Teaching Material Development Based on Inquiries Aided by Multimedia to Upgrade High School Students Critical Thinking Ability. IJSBAR. Volume 32, No 2, pp 21-3.

Karina, N.K.D. (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. E-journal program pascasarjana universitas pendidikan ganesha. Vol.4

Koray, Abdullah. (2013) The Efectivness Of Problem Based Learning Support With Computer Simulation on Reasoning Ability. Elsevier.New Horizon In Education, Konferensi Internation : Ke. 4.

Napitupulu, E.E (2017) Analyzing the Teaching and Learning of Mathematical Reasoning Skills in Secondary School. ASS. Vol. 13, No. 12; 2017 ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025

Noto, M.S (2015). Efektivitas Pendekatan Metakonitif Terhadap Penalaran Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi. Jurnal ilmiah program studi matematika STKIP siliwangi bandung 4(1).22-331

Nurdalilah, Syahputra, E. dan Armanto, D. (2013) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Konvensional Di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal paradigma PPs. Universitas negeri Medan.

Pasaribu, M. K (2011) Penerapan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SD Dalam Memodelkan Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan. Tesis. UNIMED. Tidak dipublikasikan.

Prastowo, Andi (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik, Penerbit Kencana, Jakarta.

Pulungan. P.S., Lubis. N.H., Fauzi. M.A. (2017) Development of Mathematics Learning Model Based on a Metakognitif Approach with Student Character Involving Student Emotional Intelligence. IJSR. Volume 6 Issue 7, July 2017. ISSN (Online): 2319-7064

Rakhma, N. (2014) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Debate Pada Pelajaran Pkn Di Kelas V Sd Negeri 086 Dalan Lidang. UNIMED. Tidak dipublikasikan

Ritonga I.D, Surya. E, dan Syahputra. E. (2017) Analysis Problem Solving Ability On Flat Quadrilateral Material Of Students At Junior High School. Ijariie Vol-3 Issue-2 2017 -Issn(O)-2395-4396

Telaumbanua. Y.N., Sinaga.B. Mukhtar. Surya.E (2017) Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students' Mathematical Problem Solving Ability at High School. JEP Vol.8, No.19, 2017 ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X

Shadiq, F. (2004). Kemahiran Matematika. Makalah Disajikan Dalam Diklat Pengembangan Matematika SMA Jenjang Lanjut, PPPG Matematika Yogyakarta.

Safitri. A, Surya. E., Syahputra E, dan Simbolon, M (2017) Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Students Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-1 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Novelty Journals Vol. 4, Issue 2, pp: (93-100). ISSN 2394-9686

Salahudin, A. Alkrienciehie, I. (2013) Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

Shivakumar, T. S., Suvarna, M. (2014). A Study On Influence Of Reasoning Ability On Mathematical Ability Of Secondary School Students. Indian Streama Research Journal. Vol 4.

Sudarman. S. W, Linuhung, N. (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs. Vol 5.

Yamin, M., (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Penerbit Referensi (GP Press Group), Jakarta

Yenni, (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Jurnal Prima V(II):73:81

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Pulungan, P. S. . (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MAN 1 ASAHAN. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 514–528. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.289