PENERAPAN CLT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA IAIDU ASAHAN

Authors

  • Agus Salim Marpaung Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.288

Keywords:

Kata Kunci : Penerapan CLT Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di IAIDU Asahan

Abstract

Salah satu perkembangan paling berpengaruh dalam teori pengajaran bahasa, khususnya bagi pelajar ESL, adalah konsep kompetensi komunikatif. Konsep ini diyakini mampu merekonstruksi tujuan pembelajaran bahasa kedua (L2) di kelas, menekankan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara efektif. Meski banyak dosen menyadari pentingnya pendekatan Communicative Language Teaching (CLT), mereka sering kali kurang percaya diri dalam penerapannya secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan dosen dan siswa mengenai penerapan CLT di IAIDU Asahan, yang dianggap sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dosen dalam pelaksanaannya di kelas. Selain itu, artikel ini bertujuan mengeksplorasi dampak penerapan CLT terhadap pengembangan keterampilan berbicara siswa, serta mengevaluasi metode pelaksanaannya. Melalui desain kuasi-eksperimental, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan dosen, observasi kelas, serta metode pre-test dan post-test. Analisis data didasarkan pada skor pre- dan post-test keterampilan berbicara siswa, observasi kelas, serta umpan balik dari dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris mahasiswa setelah penerapan CLT, meskipun peningkatan ini terkendala oleh keterbatasan fasilitas dan tekanan pada ujian. Observasi juga menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kendala dalam penggunaan kosakata dan tata bahasa yang tepat, sehingga peran dosen sebagai fasilitator, pembimbing, dan pemberi umpan balik sangatlah penting. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah dan pihak berwenang untuk menyediakan pelatihan yang cukup, dukungan fasilitas, serta mengurangi tekanan ujian guna lebih meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa, khususnya di IAIDU Asahan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Brown, H. D. (2023). Key Components of Communicative Competence in Language Teaching: An Overview. Language Teaching Research, 27(1), 34–50.

Byram, M., & Wagner, M. (2023). Intercultural Communicative Competence in Foreign Language Education: Theory, Practice, and Policy. Journal of Intercultural Communication, 59, 87–104.

Celce-Murcia, M. (2021). Rethinking Communicative Competence in Language Teaching: An Integrated Framework. Language Teaching Journal, 54(1), 15–32.

Clark, A., & Murphy, E. (2021). Collaborative Communication in Higher Education: Building Shared Understanding and Solving Problems through Verbal Interaction. Journal of Learning and Communication, 14(3), 215–229.

Djoko Sri Bimo dkk, (2021) Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Pada Pelatihan Keterampilan Berbicara Guru Sma Sint Louis Semarang, Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Volume 2, Nomor 1, April 2021

Ellis, R., & Shintani, N. (2021). Task-Based Language Teaching: Theory and Practice in Second Language Classrooms. Applied Linguistics Review, 13(2), 135–158.

Goh, C. (2020). "Challenges of Teaching English in Multilingual Classrooms: Perspectives from Malaysian Educators."

Howatt, A. P. R., & Widdowson, H. G. (2021). A History of English Language Teaching (2nd ed.). Oxford University Press.

Hussin, S. R., & Ibrahim, N. (2022). "Overcoming Barriers in English Language Learning: A Study of Malaysian ESL Students."

Hymes, Dell H. (1971). Pidginization and Creolization of Languages: Proceedings of a Conference Held at the University of the West Indies, Mona, Jamaica, April. Cambridge: Cambridge University Press.

Indri Yani Kakomole (2022) Penerapan Communicative Language Teaching (Clt) Approach Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sdn 1 Dalapuli, Universitas Sam Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado, Skripsi.

Johnson, K. (2023). The Impact of Communicative Language Teaching on Speaking Skills in Higher Education. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 15(2), 45–60.

Johnson, K., & Morrow, K. (2023). Communicative Language Teaching: Foundations and Future Directions. Journal of Language and Communication, 15(2), 75–89.

Nunan, D. (2023). Speaking Competence and Communicative Language Teaching: A Functional Approach. Modern Language Journal, 107(3), 305–319.

Ortega, L., & Alcon, E. (2021). Task-Based Language Teaching and Speaking Proficiency in EFL Classrooms. Language Teaching Research, 25(2), 123–140.

Richards, J. C. (2021). Communicative Language Teaching Today: Its Impact on English Speaking Skills. Language Teaching Research, 25(2), 148–162.

Richards, J. C. (2022). The Role of Communicative Competence in English Language Teaching. Language Teaching Review, 29(4), 215–230.

Saldana, J. (2021). The Coding Manual for Qualitative Researchers (4th ed.). Sage Publications.

Savignon, S. J. (2024). The Role of Theater in Enhancing Communicative Competence. Theatre and Language Studies Journal, 9(1), 47–62.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Marpaung, A. S. . (2024). PENERAPAN CLT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA IAIDU ASAHAN. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 550–561. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.288