BAHAN AJAR EFEKTIF DAN KOMPREHENSIF MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.279Keywords:
Bahan ajar, Elektronika dasar, Pembelajaran interaktif, Simulasi komputer, FlipHTML5Abstract
Pemahaman dasar elektronika sangat penting bagi mahasiswa teknik dan ilmu komputer karena menjadi fondasi bagi konsep-konsep seperti hukum Ohm, analisis rangkaian, dan prinsip kerja komponen elektronik. Namun, ketersediaan bahan ajar yang lengkap dan mudah dipahami masih terbatas, menyebabkan banyak mahasiswa kesulitan dalam mempelajari materi ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis teknologi menggunakan platform FlipHTML5. Metode yang digunakan mencakup survei terhadap mahasiswa dan dosen, pengembangan bahan ajar digital, serta uji coba dan evaluasi efektivitasnya.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar ini berhasil meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa. Sebanyak 94,1% responden menyatakan bahwa materi yang disajikan membantu pemahaman mereka, sementara 100% responden merasa puas dengan bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar ini disusun dengan pendekatan interaktif yang mencakup teori, aplikasi praktis, dan animasi, sehingga memudahkan proses belajar. Dengan platform FlipHTML5, bahan ajar dapat diakses dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa, mendukung pembelajaran secara daring maupun luring.
Downloads
References
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.
Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Magdalena, Ina dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2
(2). 312-316.
Nuryasana, Endang dan Noviana Desiningrum. (2020). Pengembangan Bahan Ajar
Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.
Jurnal Inovasi Dan Penelitian. 1 (5). 968-971
Waraulia, Asri Musandi. 2020. Teori Dan Prosedur Penyusunan. Jawa Timur: UNIPMA
Press.
E., Wijaya J. dan Vidianti, A. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Electronic
Modules on Student Learning Outcomes in Education Innovation Course.
Atlantis Press. 422. 86-87.
A., Firdauz, dan Sukarmin, S. (2024). Development of Interactive Digital Learning
Media: E-MIREDOKS. Prisma Sains. 12 (2). 366.
Yulando, S., et al. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive
Learning. American Journal of Educational Research. 7 (10). 696-697.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.