BAHAN AJAR EFEKTIF DAN KOMPREHENSIF MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR

Authors

  • Mira Wellya Fatma Politeknik Negeri Padang
  • Dedi Tri laksono Politeknik Negeri Padang
  • Maresa Prasafitri Politeknik Negeri Padang
  • Rien Afrianti Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.279

Keywords:

Bahan ajar, Elektronika dasar, Pembelajaran interaktif, Simulasi komputer, FlipHTML5

Abstract

Pemahaman dasar elektronika sangat penting bagi mahasiswa teknik dan ilmu komputer karena menjadi fondasi bagi konsep-konsep seperti hukum Ohm, analisis rangkaian, dan prinsip kerja komponen elektronik. Namun, ketersediaan bahan ajar yang lengkap dan mudah dipahami masih terbatas, menyebabkan banyak mahasiswa kesulitan dalam mempelajari materi ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis teknologi menggunakan platform FlipHTML5. Metode yang digunakan mencakup survei terhadap mahasiswa dan dosen, pengembangan bahan ajar digital, serta uji coba dan evaluasi efektivitasnya. 

Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar ini berhasil meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa. Sebanyak 94,1% responden menyatakan bahwa materi yang disajikan membantu pemahaman mereka, sementara 100% responden merasa puas dengan bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar ini disusun dengan pendekatan interaktif yang mencakup teori, aplikasi praktis, dan animasi, sehingga memudahkan proses belajar. Dengan platform FlipHTML5, bahan ajar dapat diakses dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa, mendukung pembelajaran secara daring maupun luring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.

Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Magdalena, Ina dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2

(2). 312-316.

Nuryasana, Endang dan Noviana Desiningrum. (2020). Pengembangan Bahan Ajar

Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.

Jurnal Inovasi Dan Penelitian. 1 (5). 968-971

Waraulia, Asri Musandi. 2020. Teori Dan Prosedur Penyusunan. Jawa Timur: UNIPMA

Press.

https://FlipHTML5.com

E., Wijaya J. dan Vidianti, A. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Electronic

Modules on Student Learning Outcomes in Education Innovation Course.

Atlantis Press. 422. 86-87.

A., Firdauz, dan Sukarmin, S. (2024). Development of Interactive Digital Learning

Media: E-MIREDOKS. Prisma Sains. 12 (2). 366.

Yulando, S., et al. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive

Learning. American Journal of Educational Research. 7 (10). 696-697.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Mira Wellya Fatma, Tri laksono, D. ., Prasafitri, M. ., & Afrianti, R. . (2024). BAHAN AJAR EFEKTIF DAN KOMPREHENSIF MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 529–533. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.279