KAJIAN FILSAFAT ILMU : INTEGRASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.266Keywords:
filsafat ilmu, multimedia interaktif, kearifan lokal, pembelajaran fisikaAbstract
Integrasi media pembelajaran berbasis teknologi dan kearifan lokal dalam konteks pembelajaran fisika, tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga dapat dilihat dari perspektif filosofis yang lebih dalam. Tiga aspek penting dalam filsafat ilmu : ontologi, epistemologi, dan aksiologi memberikan kerangka untuk memahami bagaimana integrasi ini dapat memengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini akan membahas bagaimana filsafat ilmu memandang integrasi multimedia interaktif dan kearifan lokal dalam pembelajaran fisika melalui studi literatur. Integrasi media pembelajaran berbasis teknologi dan kearifan lokal dalam pembelajaran fisika menawarkan pendekatan yang lebih menyeluruh dan kontekstual. Dalam perspektif filsafat ilmu, hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep fisika, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mereka dengan nilai-nilai budaya. Dengan cara ini, pendidikan fisika dapat menjadi lebih relevan, menarik, dan bermakna bagi generasi muda.
Downloads
References
Abuhassna, H., Al-Rahmi, W. M., Yahya, N., Zakaria, M. A. Z. M., Kosnin, A. B. M., & Darwish, M. (2020). Development of a new model on utilizing online learning platforms to improve students’ academic achievements and satisfaction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00216-z
Amalia, S., & Pilendia, D. (2020). The validity of M-Learning based physics teaching materials to improve student learning access in the digital age. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012092
Chanza, N., & Wit, A. De. (2013). Epistemological and Methodological Framework for Indigenous Knowledge in Climate Science. African Journal of Indigenous Knowledge Systems, 12(2), 203–216.
Delima, E., Warsono, Supahar, & Jumadi. (2018). The importance of multimedia learning modules (mlms) based on local wisdom as an instructional media of 21st century physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012018
Druker-Ibáñez, S., & Cáceres-Jensen, L. (2022). Integration of indigenous and local knowledge into sustainability education: a systematic literature review. Environmental Education Research, 28(8), 1209–1236. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2083081
Endraswara, S. (2015). Filsafat Ilmu (Edisi Revisi). CAPS: Yogyakarta
Fitriah, L. (2020). Students’ Response to the Basic Physics Textbook Integrated with Faith, Piety, and Local Wisdom. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 23. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1775
Hastuti, P. W., Setianingsih, W., & Anjarsari, P. (2020). How to develop students’ scientific literacy through integration of local wisdom in Yogyakarta on science learning? Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012108
Hermansyah, H., Yahya, F., Fitriyanto, S., Astuti, W. I. W., & Auliah, O. (2022). Interactive Multimedia Assisted Direct Learning to Improve Student’s Understanding of Fluid Concepts. Physics Education Research Journal, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.21580/perj.2022.4.1.10694
Jh, T. S., Annas, S., & Saud, S. (2024). Development of a web-based Multimedia Learning Management System (MlMS) in High School Physics Learning. Journal of Multidisciplinary Academic and Practice Studies, 2(1), 47–65. https://doi.org/10.35912/jomaps.v2i1.1955
Judijanto, L., Yudha Santoso, R., Megah Retta, L., & Sarkawi, S. (2024). Strategy of Integration of Local Wisdom in the Curriculum of Higher Education. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(6), 1537–1547.
Ludwig, D., & El-Hani, C. N. (2020). Philosophy of Ethnobiology: Understanding Knowledge Integration and Its Limitations. Journal of Ethnobiology, 40(1), 3–20. https://doi.org/10.2993/0278-0771-40.1.3
PhylosophysTerms. 2021. Axiology. Lastest Philosophers Entries
Pilendia, D. (2021). Stellarium sebagai Media Pembelajaran Fenomena Astronomi: Kajian Literatur. 8(1), 525–532. https://doi.org/10.5281/zenodo.5899734
Pilendia, D., Festiyed, & Djamas, D. (2016). A PRELIMINARY VALIDATION STUDY OF DEVELOPING AN INTERACTIVE MULTIMEDIA MODULES IN PHYSICS LEARNING. 2, 305–310.
Sinensis, A. R. 2017. Pengajaran Fisika pada Konsep Archimedes. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(1), 23–28.
Suarmika, P. E., Arnyana, I. B. P., Suarni, N. K., & Marhaeni, A. A. I. N. (2020). Indigenous science: What we can learn?(the exploration of balinese local wisdom for science learning). Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042016
Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologi, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara.
Tathahira, T. (2020). PROMOTING STUDENTS’ CRITICAL THINKING THROUGH ONLINE LEARNING IN HIGHER EDUCATION: Challenges and Strategies. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1), 79. https://doi.org/10.22373/ej.v8i1.6636
Zidny, R., Sjöström, J., & Eilks, I. (2020). A Multi-Perspective Reflection on How Indigenous Knowledge and Related Ideas Can Improve Science Education for Sustainability. Science and Education, 29(1), 145–185. https://doi.org/10.1007/s11191-019-00100-x
Zinyeka, G., Onwu, G. O. M., & Braun, M. (2016). A truth-based epistemological framework for supporting teachers in integrating indigenous knowledge into science teaching. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 20(3), 256–266. https://doi.org/10.1080/18117295.2016.1239963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.