PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Muhammad Hasanul Muna UNIVERSITAS PGRI SEMRANG
  • Rasiman Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Lukman Harun Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Masruhan Mufid Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PBL, LKPD, Kontekstual, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan siswa, termasuk dalam mata pelajaran matematika. Namun, hasil belajar matematika di Indonesia masih rendah, terutama karena pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan beragam. Penelitian ini menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas di SMK N 07 Semarang, hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian siswa. Dari hanya 22,2% siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebelumnya, peningkatan pesat terjadi setelah menerapkan PBL dengan LKPD, mencapai 86,1% pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan potensi besar model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Integrasi PBL dengan LKPD berbasis kontekstual disarankan dalam kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh dengan memperhatikan pelatihan guru dan pengembangan materi yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, L., & Dewi, N. R. (2019). Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 275–281. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Bawa, I. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 90–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Damayanti, E., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2595

Fatmawanti, I. D., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.32

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Indrayanti, N. K. D., Arrang, N. L. A. D. N., Dewi, N. M. R. C., Anwar, K., & Hasanah, U. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD QR-Code untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V Sd Negeri 1 Lalanglinggah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 315–322. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2145

OECD. (2004). Learning for Tomorrow’s World: First Results from PISA 2003 Programme for International Student Assessment OECD. PISA, OECD Publisher. www.copyright.com.

OECD. (2007). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World: Vol. I. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). www.sourceoecd.org/9789264040007

OECD. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do: Vol. I. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). https://doi.org/10.1787/9789264091450-en

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114–126.

Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778

Wedekaningsih, A., Dewi Koeswanti, H., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Muhammad Hasanul Muna, Rasiman, Lukman Harun, & Masruhan Mufid. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 313–318. Retrieved from https://jurnal.umbulukumba.ac.id/index.php/jpss/article/view/206