ABILITAS GURU BAHASA INDONESIA DI SMA
Keywords:
Abilitas Guru, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran (ii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran (iii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran (iv) Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya (v) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi (vi) Keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan (vii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas (ix) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia kelas XII dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iv) Indikator Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (v) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru kecuali pada indikator variasi menarik perhatian tidak diterapkan oleh Guru (vi) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (vii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ix) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru.
Downloads
References
Susanto, R. (2022). Analisis Ketercapaian Dimensi Keterampilan Dasar Mengajar Guru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 98-106 Doi: 10.29210/30031618000.
Haerullah, A., & Hasan, S. (2022). Kemampuan Dasar Mengajar. Uwais Inspirasi Indonesia.Tata cara penulisan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References.
Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Matakuliah Microteaching. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.16870
Muharmansyah, R., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 6986–6993. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1486
Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 576–585. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573.
Andini, W. (2023). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru SD/MI di Era Digital. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 28. https://doi.org/10.24235/ath.v33i1.13763
Fahrurozi, F. Wicaksono, A. (2023). Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawacana.
Ndukang, S., & Novita Inya Buku, M. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 151–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28144
Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 145–167. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.267
Chaplin , J.P. (2000) Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Halawa, M., Rijal, & Silalahi, C. A. P. (2022). Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. 3(November), 130–135.
Suparmi, S. (2022). Peningkatkan Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis di SD Negeri 3 Wonokerso Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang Tahun 2020. Wawasan Pendidikan, 2(1), 246–253. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.11471.
Rezania, V., Nuroh, E. Z., & Mariyati, L. I. (2020). Kemampuan Cognitive Apprenticeship sebagai Bagian dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.258
Sugiyono, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Siregar, A., & Simbolon, H. (2023). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema 6 SDN 101820 Pancur Batu T . A 2022 / 2023. 2(2), 416–421.
Rahman, F. R., Agustina, I. O., Fauziah, I. N. N., & Saputri, S. A. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk Menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13265–13274.
Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711
Sudewiputri, M. P., Astuti, N. M. I. P., & Febryan, I. (2023). Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD Universitas Triatma Mulya. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i1.107.
Insanistyo, B., Nopiyanto, Y. E., & Kardi, I. S. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Jasmani pada Perkuliahan Microteaching. 5(5), 2270–2278.
Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711
Ndukang, S., & Novita Inya Buku, M. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 151–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28144
Oktavia, S. W., Mansyur, H., & Hidayat, M. (2023). Investigasi Keterampilan Mengajar Guru Fisika SMAN 9 Kerinci. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 24. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.7110
Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 145–167. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.267
Rehalat, A., & Ainy, Z. N. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII di SMP Kartika Ambon Economics Teacher Asking Skill Analysis In Class VII At SMP Kartika Ambon. 14(1), 37–44.
Ningsih, S., Ermiana, I., & Husniati, H. (2023). Analisis Keterampilan Mengajar Guru pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 496–506. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1332.
Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068
Setiyaningsih, S. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144–149. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39940
Hariati, L., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1132–1142. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.722
Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.