ABILITAS GURU BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Nasir UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Munir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Jihad Talib Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Asdar Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Keywords:

Abilitas Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran (ii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran (iii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran (iv) Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya (v) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi (vi) Keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan (vii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas (ix) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia kelas XII dan wawancara dengan siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iv) Indikator Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (v) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru kecuali pada indikator variasi menarik perhatian tidak diterapkan oleh Guru (vi) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (vii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ix) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto, R. (2022). Analisis Ketercapaian Dimensi Keterampilan Dasar Mengajar Guru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 98-106 Doi: 10.29210/30031618000.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2022). Kemampuan Dasar Mengajar. Uwais Inspirasi Indonesia.Tata cara penulisan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References.

Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Matakuliah Microteaching. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.16870

Muharmansyah, R., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 6986–6993. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1486

Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 576–585. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573.

Andini, W. (2023). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru SD/MI di Era Digital. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 28. https://doi.org/10.24235/ath.v33i1.13763

Fahrurozi, F. Wicaksono, A. (2023). Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawacana.

Ndukang, S., & Novita Inya Buku, M. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 151–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28144

Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 145–167. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.267

Chaplin , J.P. (2000) Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Halawa, M., Rijal, & Silalahi, C. A. P. (2022). Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. 3(November), 130–135.

Suparmi, S. (2022). Peningkatkan Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis di SD Negeri 3 Wonokerso Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang Tahun 2020. Wawasan Pendidikan, 2(1), 246–253. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.11471.

Rezania, V., Nuroh, E. Z., & Mariyati, L. I. (2020). Kemampuan Cognitive Apprenticeship sebagai Bagian dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.258

Sugiyono, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Siregar, A., & Simbolon, H. (2023). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema 6 SDN 101820 Pancur Batu T . A 2022 / 2023. 2(2), 416–421.

Rahman, F. R., Agustina, I. O., Fauziah, I. N. N., & Saputri, S. A. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk Menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13265–13274.

Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711

Sudewiputri, M. P., Astuti, N. M. I. P., & Febryan, I. (2023). Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD Universitas Triatma Mulya. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i1.107.

Insanistyo, B., Nopiyanto, Y. E., & Kardi, I. S. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Jasmani pada Perkuliahan Microteaching. 5(5), 2270–2278.

Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711

Ndukang, S., & Novita Inya Buku, M. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 151–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28144

Oktavia, S. W., Mansyur, H., & Hidayat, M. (2023). Investigasi Keterampilan Mengajar Guru Fisika SMAN 9 Kerinci. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 24. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.7110

Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 145–167. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.267

Rehalat, A., & Ainy, Z. N. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII di SMP Kartika Ambon Economics Teacher Asking Skill Analysis In Class VII At SMP Kartika Ambon. 14(1), 37–44.

Ningsih, S., Ermiana, I., & Husniati, H. (2023). Analisis Keterampilan Mengajar Guru pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 496–506. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1332.

Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068

Setiyaningsih, S. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144–149. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39940

Hariati, L., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1132–1142. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.722

Diah Verra Ninda, Riski Ananda, Dzil Ilman Azra, Sukatin, & Pahmi. (2022). Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.711

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Nasir, Abd. Rahman Rahim, Abdul Munir, Jihad Talib, & Asdar. (2024). ABILITAS GURU BAHASA INDONESIA DI SMA. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 344–352. Retrieved from https://jurnal.umbulukumba.ac.id/index.php/jpss/article/view/202