PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI
Keywords:
Model Pembelajaran, Nature Based Learning, Karangan DeskripsiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan menunjukkan rendahnya keterampilan mahasiswa dalam kemampuan menulis deskripsi dan juga kurangnya kreativitas seorang tenaga pengajar khususnya guru dan dosen dalam memilih model pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan keterampilan dalam menulis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran nature based learning (NBL) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi mahasiswa PGSD UMGo Angkatan ke 7 dengan menggunakan desain implementasi nonrandomized control group pretest-posttest design pada subjek penelitian yakni mahasiswa semester pertama PGSD angkatan ke 7. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes karangan deskripsi dengan konsep alam lalu dianalisis secara deskriptif dan statistik yang menunjukkan hasil bahwa implementasi model ajar berbasis nature based learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi yang mana berada pada tingkat penguasaan indikator tulisan organisasi dan keefektifan penggunaan kalimat.
Downloads
References
Adinda, M., Nugraha, E., Abdul Azis, M., & Harmaen, D. (2023a). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3439–3456. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1194
Adinda, M., Nugraha, E., Abdul Azis, M., & Harmaen, D. (2023b). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3439–3456. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1194
Aji, G. P., Pratiwi, Y., & Widiarti, N. (2018). DEVELOPMENT OF INSTRUCTIONAL MATERIALS WRITING POETRY BASED ON NATURE TOURISM FOR POETRY LEARNING. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 2(1), 35–39. https://doi.org/10.17977/um006v2i12018p035
Azizah, N., Ismaiyah, N., & Nisa, K. (2023). The Application of Nature-Based Early Childhood Education Curriculum. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.31-01
ÇİFTÇİ ERTÜRK, D., & ÖZDEMİR, M. (2022). Analysis of the Effects of Factors, Which Affect Language Acquisition, on Four Basic Language Skills. Sakarya University Journal of Education, 12(1), 206–223. https://doi.org/10.19126/suje.1058010
Friedman, S., James, M., Brocklebank, J., Cox, S., & Morrison, S. (2023). Facilitating Nature-Based Learning With Autistic Students. Childhood Education, 99(4), 14–23. https://doi.org/10.1080/00094056.2023.2232275
J, J. G., A, O. O., & A, A. T. (2022). Graphological Features As Portrait Of A Society In Crisis In James Joyce’s Dubliners. Tasambo Journal of Language, Literature, and Culture, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.36349/tjllc.2022.v01i01.004
Kafrawi, M., & Evizariza. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Untuk Siswa SMK Labor Pekanbaru. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–46. https://doi.org/10.31849/bidik.v3i1.11420
Kristina, K. (2023). THE SIGNIFICANCE OF INTEGRATING LANGUAGE SKILLS IN THE PROCEDURE OF THE ENGLISH LANGUAGE TEACHING. Ижтимоий-Гуманитар Фанларнинг Долзарб Муаммолари / Актуальные Проблемы Социально-Гуманитарных Наук / Actual Problems of Humanities and Social Sciences., 3(S/3), 244–250. https://doi.org/10.47390/SP1342V3SI3Y2023N34
Madjdi, A. H., & Rokhayani, A. (2022). THE ANALYSIS OF GENERIC STRUCTURE OF DESCRIPTIVE TEXTS PRODUCED BY COLLEGE STUDENTS. Prominent, 5(2), 79–87. https://doi.org/10.24176/pro.v5i2.7730
Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 133–139. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.91
Murwaningsih, T., & Fauziah, M. (2023). The Model and Curriculum Development of Nature School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 55–66. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.55524
Padmanabhan, J., Rajest, S. S., & Veronica, J. J. (2023). A Study on the Orthography and Grammatical Errors of Tertiary-Level Students (pp. 41–53). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-6682-7.ch004
Prawira, N. N. P., Artini, L. P., Marsakawati, N. P. E., Padmadewi, N. N., Ratminingsih, N. M., & Utami, I. G. A. L. P. (2023). The Implementation of Literacy Activities in Primary School. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 150–156. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.56108
Smyth, J. M., & Arigo, D. (2023). Expressive writing. In Encyclopedia of Mental Health (pp. 877–885). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-91497-0.00170-3
Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127–138. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468
Sumekto, D. R., & Setyawati, H. (2018). STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING PERFORMANCE: THE ANALYTIC SCORING ASSESSMENT USAGE. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3). https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.20033
Tobroni, T., Munaji, M., Rozi, F., Rofi’ah, A., & Fadilah, N. (2022). Nature-based Learning Management in Improving Children’s Natural Intelligence. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1010–1020. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3899
Wantu, H. M., Djafri, N., Lamatenggo, N., & Umar, M. K. (2023). Learning Models: A Literature Review. International Journal of Social Science and Human Research, 06(05). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i5-31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.