PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Pembelajaran,Index Card Match, Fakta dan OpiniAbstract
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Membedakan Fakta Dan Opini Pada Siswa Kelas IV SDN No.196 Inpres Bontomajannang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran index card match dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini pada siswa kelas IVSDN No.196 Inpres Bontomajannang Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian adalah penelitian Pre-Eksperimental Desings. Desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment).. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 23 siswa di SDN No. 196 Inpres Bontomajannang. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada nilai pretest diperoleh 59,57. Namun setelah menggunakan model index card match diperoleh 80,65 pada nilai posttest. Rata-rata nilai siswa kelas IV berada dalam kategori sangat baik. Selanjutnnya diperoleh hasil uji hipotesis pada Sig (2.Tailed) yaitu 0,007 artinya H0 ditolak H₁ diterima karena Sig (2.Tailed)< α atau (0,01< 0,00). H1 diterima karena Sig (Tailed)> α atau (1,411> 0,01) dengan hasil analisis uji T, Sig< ttabel atau (073<0,00), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran index card match dengan tidak menggunakan model pembelajaran index card match dalam membedakan fakta dan opinipada siswa kelas IV SDN No.196 Inpres Bontomajannang.
Downloads
References
Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V., Anisa, D., Maysarah, N. S., Ningsih, S. R., & Nasution, I. (2022). Pentingnya supervisi dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Khazanah Pendidikan, 16(2), 55-59.
Afridoni, A., Putra, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13832-13838.
Amalia, R. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Campaka (Penelitian Eksperimen Kelas V SDN Campaka Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta) (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).
Amalia Yunia Rahmawati. 2020. Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajarsiswa mata pelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan media flash carddiMISAl-WathoniyahCantilanCirebon.July,1–23.
Amir, F. (2022). Pendidikan Kritis Menurut Ivan Illich. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 414-423.
Annisa, F., & Marlina, M. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu,3(4),1047–1054.
Eliza, M. Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Aktivitas Terbimbing Pada Siswa Sekolah Dasar di Kongbeng. Borneo Journal of Primary Education, 3(2), 109-126.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Farhrohman, O. 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI.Primary:Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar,9(1), 23–34.
Haruna,N. H., & Darwis, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan,10(3),223.
Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., ... & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.
Ikrom, F.D.,&Hidayah, S.C.N. 2021. Pengaruh model pembelajaran index card match terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Elemen,02(02),1–13.
Khair,U.2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.AR-RIAYAH :Jurnal Pendidikan Dasar,2(1),81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.