PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA FASE F DI SMA
Keywords:
Berdiferensiasi, Project Based Learning, Naskah Drama.Abstract
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di Sma Negeri 2 Lubuk Pakam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodal Project Based Learning terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI berjumlah 378 Siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk ekperimen pada kelas kontrol dan eksperimen dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 66.70 dengan simpangan baku 10,72 dan nilai kelas eksperimen rata-rata 79,85 dengan simpangan baku 8,74. Hasil uji prasyarat data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji "t" pada taraf signifikan α =0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (6,5136 > 1,6682). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning.
Downloads
References
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Aguayo Torrez, M. V. (2021). instrumen penelitian.
Alamsyah, I. R., & Nugroho, R. A. (2022). Pengaruh Latihan Shooting Dengan Metode Beef Terhadap Akurasi Free Throw Siswi Ekstrakurikuler Basket Smk Neger 4 Bandar Lampung. Journal Of Physical Education, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.33365/joupe.v3i2.1890
Asrijanty, P. . (2020). Buku saku asesmen diagnosis kognitif berkala. Repostori Kemendikbud.
Astuti, S., & Fitriani, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Kelas Xi Ips Sma Negeri 3 Unggulan Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 88–96. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4290
Atiah, A. (2021). Penggunaan Media Film Pendek Dalam Keterampilan Menulis Naskah Drama Kelas Xi Ma Al-Ittihad Pedaleman, Serang Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Business Theory and Practice, 10(2), 6.
Aulia, S., Rachmadhani, D., & Kamalia, P. U. (2023). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 4(3), 178–192.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Dwina Putri Kamila. (2023). No Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Media Cerita Rakyat Siswa Kelas Xi Man 22 Jakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 88–100.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya.
Enik, S., Bambang, M., Handayani, R., & Heltien, D. (2023). Jurnal basicedu. 7(1), 62–70.
Erfan, M. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric (Pullover Toss) Terhadap Hasil (Throw In) Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Porkes, 3(2), 110–118. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2968
Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Hartati Rismauli, N. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Himayati, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Naskah Drama di SMA Berbasis Audio Visual. 5–16.
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 2 1,2 ,. 9(20), 968–978.
Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
kemendikbud.go. (2022). No Title 033/H/KR/2022 - Kurikulum Kemdikbud. 2022.
Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa : Menulis Karangan Eksposisi. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi, 1–6.
Lingga. M. (2019). Penggunaan Diksi terhadap Keterampilan Menulis. 1–9.
Mahira, M. (2022). Kepribadian Tokoh dalam Naskah Drama Bulan Bujur Sangkar Karya Iwan Simatupang. 4, 224–232.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324
Mulia, A. (2021). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2), 217. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037
Ngalimun. (2019). Project Based Lerarning. 1–23.
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Nurhaedah, Supriadi, & Satriani. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis pembelajaran abad 21 dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di kabupaten gowa. ALGAZALI International Journal of Education Research, I(1), 65–74.
Pra-aksara, M. M., & Lukitaningtyas, D. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran ips (materi manusia pra-aksara). 95–104.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu IdeSantika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. htt. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690
Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227
Sihaloho, K., Sirait, J., Gusar, M. R. S., S, M. F., & Tambunan, M. A. (2022). Pengaruh Model Copy the Master Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(02), 185–192. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i02.1843
Simanjuntak, H., Sembiring, E. L. B., & Panggabean, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan 2023 / 2024. 3, 487–495.
Sinaga, L. C. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa-Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame T . A 2023 / 2024. 3, 2490–2507.
Sirait, M. L., Sitorus, P. J., & Saragih, E. L. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Canva Terhadap Keterampilan Menulis. 137–140.
Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239
Sudjana. (2002). Metoda Statistika.
Sugiarto, S., Adnan, Aini, R. Q., Suhendra, R., & Ubaidullah. (2023). Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Syaifudin. (2020). Model Pembelajaran Project Bades Learning. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Syailin Nichla Choirin Attalina. (2020). Penerapan Model Pembelajaran “Project Based Learning”Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Unisnu Jepara. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan , 10(2), 267–274.
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Wuryani, T., Wismanto, A., Sudiyati, & Fahmy, Z. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Teks Hikayat Pada Peserta Didik Sma/Smk Di Semarang. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 173–178.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.