PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS DRAMA
Keywords:
Media Pembelajaran Video Stop Motion, Teks Drama, Kemampuan Menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Stop Motion Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 2,60 >1.86 oleh karena itu, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Stop Motion Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama.
Downloads
References
Abdul Azis, S. (2020). Peningkatan keterampilan bermain drama menggunakan media audio visual siswa kelas viii c smp negeri 1 muaro jambi (Doctoral dissertation, pendidikan bahasa dan seni fkip). DOI https://repository.u nja.ac.id/10552/.
Arfah, N. (2019). Desain Dan Uji Coba Video Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Perkembangan Teori Model Atom. Proceedings Of The Institution Of Mechanical Engineers, Part J: Journal Of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Cahyo, P. D., & Hastuti, H. (2020). Pengembangan Media Video Storyline untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MIPA I di SMAN 3 Kerinci. Jurnal Kronologi, 2(3), 1-9.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2018. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Devi, W. S. (2020). Representasi Kehidupan Pada Naskah Drama Nyonya-Nyonya Karya Wisran Hadi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 157-162.DOI https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri /article/view/5093.
Elza L.L. Saragih, S.S.,M.H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2017/2018. Repository.Uhn.Ac.Id, 1.
Hartati, M. (2020). Keterampilan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Sungai Kakap (Vol. 1, Issue 2).
Irawan, I. P. A. U., Sudiana, I. N., & Wendra, I. W. (2014). Penggunaan Film Bisu dengan Teknik Dubbing untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Dialog dalam Drama Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Negara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). DOI https://ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JJPBS/artic le/view/2526.
Islahuddin. (2022). Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur Dan Kaidah Kebahasaan Naskah Drama Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Viii Smpn 1 Selong Tahun 2020/2021. Journal Sastra, 11.
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Medan Kreatif.
Kosasih, E. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Merina, V., Sianipar, B., Sitorus, P. J., Hutabarat, S., Bahasa, P., & Indonesia, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Terhadap Pementasan Drama Oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra).
Mubarok, Z. (2018). Kajian Ekokritik pada Naskah Drama Kisah Perjuangan Suku Naga Karya Rendra. Jurnal Sasindo Unpam, 5(2). Doi http://openjourn al.unpam.ac.id/index.p hp/Sasindo/article/view/849.
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2, 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Supriyono. 2018. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.
Supini. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture. Picture And Picture |, 16.
Umayah, I., Bunga Annisa, P., Fauziya, D. S., & Siliwangi, I. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di Kelas X. Think Pair Share) |, 987.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.