IMPLEMENTASI MODEL ATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Numeracy literacy learning outcomes, loose part media, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi numerasi dengan penerapan model ATIK menggunakan media loose part pada siswa kelas I SDN 64 Buntu Ampang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 64 Buntu Ampang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 21 siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Faktor yang diteliti adalah faktor proses dan faktor hasil belajar. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menerapkan model ATIK menggunakan media loose part.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. (2) Dalam siklus pertama, skor rata -rata untuk hasil pembelajaran siswa adalah 61,4, sedangkan dalam siklus kedua itu lebih tinggi, mencapai 88. Pada siklus pertama, ada 10 siswa atau 47,7% yang mencapai kelengkapan belajar, sementara di dalam siklus II terdapat 21 siswa atau 100% yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran literasi numerasi melalui model ATIK dengan menggunakan media loose part pada siswa kelas I SDN 64 Buntu Ampang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang mengalami peningkatan.
Downloads
References
Goos, M. (2019). Learning mathematics in a classroom community of inquiry. 35(4), 258-291. Journal for Research in Mathematics Education, 35 (4), 258–291. https://doi.org/10.2307/30034810
Kertani, N. A., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Dasar Siswa Kelas IIA di MI Darul Hikmah Darek Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 4–10. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1026
Mulyawati, S., Rahayu, A., Saepurohman, M. J., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Mencocok Pola Gambar di Taman Kanak-Kanak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 6(6), 3758–3766. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2090
Muyati, E., Watini, S., & Sakti, P. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP-Jurnal Ilmiah Pendidikan (2614-8854), volume 5, 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Nurjanah, S. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434
Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69
Puspitasari, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 387–398. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/126
Rahayu, S., Qolbi, N., Astuti, S., Angraeni, N., Sari, M., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sdn 59 Pangkajene Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions). JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 25–30.
Sanjaya, H. W. (2015). Penenlitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sipahutar, O. C., & P, J. H. (2023). Pemanfaatan permainan loose parts pada anak usia dini. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11441–11446. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Sumarseh, S., & Eliza, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Generasi Emas, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9229
Susriyanti, S., Yeni, F., & Yulasmi, Y. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, Vol 1(3), 1–6. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.141
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.