IMPLEMENTASI MODEL PROYEK BELAJAR KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA HIKAYAT PADA SISWA SMA
Keywords:
Karakter, Model PBK, Cerita HikayatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model proyek belajar karakter dalam pembelajaran teks cerita hikayat siswa kelas X SMA Negeri 11 Maros. Implementasi model proyek belajar karakter adalah salah satu model yang digunakan untuk dapat mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam cerita hikayat yang mampu meningkatkan pembentukan karakter anak . Tidak hanya itu , penelitian ini mengacu pada delapan belas nilai pendidikan karakter yang perlu ditanamkan dalam diri masyarakat Indonesia khususnya para siswa yang telah dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas:2010) .
Downloads
References
Albi, S. A., & Johan, M. 2018. Pendekatan penelitian kualitatif: Teori dan praktek. Jurnal Pendidikandan Keguruan, 19(1), 11-26.
Aulia, Listya Rani. 2016. Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Dididk di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. Edisi 3. Vol V.314-323.
Atika, Nur Tri., Husni Wkhyudin, dan Khusnul Fajriah. 2019. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu. 24(1). 105-113.
Babuta, Yoddie Y, I., & Wahyurini, D. (2014). Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai. Journal, 3(1), 1–5.
Fitriani, Riska. Dkk. 2021. Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas Xl IPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal of Science Education. 5(2). 188-194.
Insani, Mila Nur & Agus B.W. 2022. Nilai Karakter Kreatif dan Bersahabat/Komunikatif dalam Ungkapann Bijak di Akun Twitter @Kata2Bijak. Jurnal Deiksis.14(1). 63-72.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Menerapkan Karkter Bangsa dalam Pembelajran. Jakarta: PT. Grsindo.
Lestyarini, Beniati. 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter. 2(3). 340-354.
Nigrum, Carolina Hidayah Citra. Dkk. 2019. Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesia Values and Character Education Journal. 2(2). 69-78.
Pertiwi, Arasy Hayu. 2021. Pembiasaan Nilai Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2). 48-54.
Priasti, Silvia Nur & Suyatno. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar.Jurnal Kependidikan: Jurnal hasil penelitian dan kajian kepustakaan di bidang pendidikan, pengajaran,dan pembelajaran. 7(2). 395-407.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik. 1(2). 14-20.
Ramadhanti,Dini & Diyan Permata Yanda. 2022. Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif. Yogyakarta:Deepublish.
Rini, Nungki Dwi. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 3(3). 164-168.
Soenarko, Bambang & Endang Sri Mujiwati. 2015. Peningkatan Nilai Kepedulian Sosial Melalui Modifikasi Model Pembelajaran Konsiderasi Pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi Pgsd Fkip Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal efektor.unpkediri.ac.id.(20).33-47.
Tamaeka, Vivi. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Journal TOLERANSI:Media Komunikasi Umat Beragama. 14(1). 14-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sang Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.