PENILAIAN KEBERHASILAN PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DILIHAT DARI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) DI SMK DIRGAHAYU KEDUNGADEM
DOI:
https://doi.org/10.56959/jpss.v9i1.103Keywords:
Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Hasil Pratek Kerja IndustriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh motivasi belajar dan pembelajaran daring terhadap keberhasilan prakerin peserta didik kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Dirgahayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan jenis ex post facto, karena pengumpulan data dilakukan setelah kejadian berlangsung yang dilakukan dengan motivasi belajar dan pembelajaran daring yang mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui hasil penelitian dan analisis data, ex post facto dapat di simpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil prakerin, pembelajaran daring juga sangat berpengaruh positif terhadap hasil prakerin, motivasi belajar dan pembelajaran daring secara bersama- sama memberikan pengaruh positif terhadap hasil prakerin peserta didik kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Dirgahayu Kedungadem tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perhitungan 59.09% (78) responden kategori rendah, 40.91% responden kategori tinggi, 0% kategori rendah dari 132 peserta didik, 2 adanya perhitungan dalam kategori tinggi 0 peserta didik sedang 132 peserta didik rendah 0 peserta didik atau 132 (100%) mempunyai motivasi sedang dan berpengaruh positif.
Downloads
References
Anwar. 2017. Pendidikan Kecakapan Hidup Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Agus Wibowo. 2018. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dikmendikti. 2003. Undang-Undang Sisdiknas No.2 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri Djamarah. 2018. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Dwi Jatmoko (2019) Persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran online di masa pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume: 5, Nomor: 2.
Fahmi, M. H., & Cipta, B. S. I. (2020). Pengembangan Blended Learning Berbasis Moodle (Studi Kasus Di Universitas Islam Raden Rahmat Malang). Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech, 2(1), 106–113. https://doi.org/10.33379/gtech.v2i1.328
Firat, M. (2016). Measuring the e-learning autonomy of distance education students. Open Praxis, 8(3), 191–201.
Hamalik, Oemar. 2017. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Kurniawan Arizona. 2020. Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Unram.co.id
Nana Syaodih Sukmadinata. 2017. Landasan Psikologi Proses Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Petrus, Edi. 2014. Menyiasati Praktek Kerja Industri untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: CV Moefh Design.
Sadeghi, M. (2019). A shift from classroom to distance learning: Advantages and limitations. International Journal of Research in English Education, 4(1), 80–88.
Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Bandung: Alfabeta.
Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo.
Uno, B Hamzah dan Nurdin Muhammad. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran PAIKEM. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sang Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sang Surya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Artikel di Jurnal Pendidikan Sang Surya adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar. Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.